Kompas TV olahraga sports

Menpora Dito Ariotedjo: Kita Doakan Saja Semoga ANOC World Beach Games 2023 Bisa Tetap Berjalan

Kompas.tv - 6 April 2023, 20:31 WIB
menpora-dito-ariotedjo-kita-doakan-saja-semoga-anoc-world-beach-games-2023-bisa-tetap-berjalan
Menpora Dito Ariotejdo mengatakan pihaknya akan berupaya berkomunikasi dan berkoordinasi lebih intensif dengan stakeholder yang ada terkait kabar penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap partisipasi Tim Israel dalam Kejuaraan 2nd ANOC World Beach Games (WBG) 2023 di Bali (Sumber: Dok. Kemenpora)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejdo mengaku pihaknya akan berupaya maksimal agar event olahraga ANOC World Beach Games 2023 (AWBG 2023) Bali tetap berjalan. 

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kedatangan kontingen Israel di AWBG 2023. 

Wayan Koster beralasan, penolakan terhadap Israel berdasarkan konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

“Berdasarkan pada konstitusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019,” kata I Wayan Koster usai menghadiri kegiatan di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Dibayangi Penolakan Israel, Ini Kronologi Lengkap Bali Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023

Penolakan tersebut dikhawatirkan dapat membuat AWBG 2023 gagal digelar di Bali seperti halnya Piala Dunia U20 2023 lalu. 

Namun, Menpora Dito mengaku akan terus berkomunikasi intens dengan para pemangku kepentingan serta Gubernur Bali. 

"Ya saya juga baru melihat di media, untuk World Beach Games ini akan kita komunikasikan lebih intens dan dilanjutkan. Pastinya saya secara resmi akan berbicara dengan Bu Menlu untuk menyikapi hal ini," ujar Menpora Dito dikutip dari Kemenpora.go.id, Kamis (6/4/2023).

"Apa kesepakatan dan peraturan yang ada yang sudah disepakati kita harus melakukan responsifnya dengan aturan yang ada. Jadi, untuk solusinya sementara ini yakni, komunikasi lebih intensif, kita agendakan bisa bertemu dengan Gubernur Bali minggu ini," tuturnya.

Baca Juga: Menpora soal Koster Tolak Israel di ANOC World Beach Games 2023 di Bali: Saya Tidak Mau Asumsi

"Kita doakan saja semoga event besar (AWBG 2023) ini bisa tetap berjalan. Jadi kita tetap usahakan apa yang sudah menjadi komitmen dari awal dan kita berlandasan dari Kemlu saja," imbuhnyanya.

AWBG 2023 rencananya akan digelar di Bali pada 5-15 Agustus 2023.

Ajang tersebut akan menjadi kali pertama Indonesia menggelar event WBG yang akan diikuti 1.554 atlet.

Nantinya, bakal ada lebih dari 100 negera yang akan berpartisipasi memperebutkan 44 medali emas dari total 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Baca Juga: Baru Dilantik, Menpora Akui Pusing Ada Polemik Israel di ANOC World Beach Games 2023

Dari 14 cabor itu, 10 di antaranya merupakan cabang olahraga wajib, yakni Aquathlon, Beach Handball, Beach Soccer, Beach Tennis, Beach Volleyball, Beach Waterpolo, Beach Wrestling, Karate-Beach Kata dan Open Water Swimming.

Selain itu, ada pula empat cabang olahraga tambahan yakni Bola Basket 3x3, Air Badminton, Rowing, dan Surfing.




Sumber : Kompas TV/Kemepora.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x