Kompas TV olahraga sepak bola

Karier Gianluca Vialli, Raih Nama Besar di Sampdoria, Dicintai Pendukung Chelsea

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 19:00 WIB
karier-gianluca-vialli-raih-nama-besar-di-sampdoria-dicintai-pendukung-chelsea
Legenda Timnas Italia, Gianluca Vialli, meninggal dunia di usia 58 tahun akibat kanker pankreas, Jumat (6/1/2023). (Sumber: Twitter @Azzurri)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

ROMA, KOMPAS.TV - Legenda Timnas Italia, Gianluca Vialli, meninggal dunia pada Jumat (6/1/2023) di usia 58 tahun akibat penyakit kanker pankreas. 

Kepergian mantan pemain Sampdoria dan Juventus itu dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). 

Dilansir Associated Press, Vialli pada 2018 lalu sempat mengumumkan bahwa dia berhasil mengalahkan penyakit kanker pankreas yang telah dideritanya selama satu tahun. 

Akan tetapi pada Desember 2021, penyakit tersebut kembali menyerang tubuhnya. 

Karena kondisinya yang semakin memburuk, pada pertengahan Desember 2022 lalu, Vialli mengumumkan untuk sementara mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua delegasi Timnas Italia.

Vialli ditunjuk sebagai ketua delegasi di bawah pelatih kepala Azzurri, Roberto Mancini, yang merupakan teman lama dan mantan rekan setimnya.

Karier Gianluca Vialli

Nama Vialli mulai dikenal saat dia menembus skuad utama Cremonese pada 1980. Selama empat musim di klub asal Lombardi itu, Vialli tampil dalam 105 pertandingan dan mencetak 23 gol. 

Kecemerlangannya itu membuat Sampdoria merekrutnya pada 1984. Vialli kemudian membangun ikatan erat dengan Roberto Mancini yang merupakan tandemnya di lini serang. 

Baca Juga: Campuran Vialli dan Mancini: Siapakah Striker Muda Italia, Giacomo Raspadori?

Selama bermain di Sampdoria, keduanya memiliki julukan gemelli del gol, atau The Goal Twins

Kombinasi Vialli dan Mancini berhasil membawa Sampdoria menjadi juara Serie A di musim 1991 dan memenangi Piala Winners 1990.

Tapi pada 1992, Vialli pisah jalan dengan Mancini setelah memutuskan pindah ke Juventus. 

Di Turin, Vialli kembali melanjutkan kegemilangan dengan membawa Bianconeri memenangi gelar Serie A, Liga Champions dan Piala UEFA. 

Vialli lalu bergabung dengan Chelsea pada musim panas 1996 dengan status bebas transfer untuk ikut Ruud Gullit dalam dalam upaya The Blues membangun kekuatan. 

Di musim perdananya, Vialli berhasil memenangi Piala FA dan langsung menjadi idola pendukung Chelsea. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x