Kompas TV olahraga kompas sport

Campuran Vialli dan Mancini: Siapakah Striker Muda Italia, Giacomo Raspadori?

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 22:10 WIB
campuran-vialli-dan-mancini-siapakah-striker-muda-italia-giacomo-raspadori
Penyerang muda Italia, Giacomo Raspadori mengontrol bola dalam sesi latihan jelang partai Italia vs Spanyol, Kamis (7/10/2021) dini hari waktu Indonesia. (Sumber: Antonio Calanni/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MILAN, KOMPAS.TV - Giacomo Raspadori telah mencuri perhatian bersama Sassuolo sejak Serie A Italia musim lalu. Pemanggilannya oleh Roberto Mancini ke Piala Eropa 2020 pun semakin melambungkan namanya. 

Jelang semifinal UEFA Nations League antara Italia vs Spanyol di Stadion San Siro, Milan, Raspadori kembali dipanggil ke skuad Gli Azzurri. Berhubung dua striker senior Italia, Ciro Immobile dan Andrea Belotti cedera, Raspadori kemungkinan akan memimpin lini serang Gli Azzurri.

Raspadori pun kini tak malu-malu lagi sebagai striker masa depan Italia. Ketika diminta mendeskripsikan gaya mainnya, penyerang berusia 21 tahun ini merujuk dua legenda Italia, Gianluca Vialli dan pelatihnya sendiri, Roberto Mancini sebagai pemain yang mirip dirinya.

“Saya adalah campuran Gianluca Vialli dan Mancini. Saya juga mirip dengan Sergio Aguero, tetapi striker yang paling saya sukai adalah Samuel Eto’o,” kata Raspadori dikutip BBC.

Baca Juga: Italia vs Spanyol, Luis Enrique: Hari di Mana Gli Azzurri Kalah, Semakin Dekat

Di Piala Eropa 2020, Raspadori memang hanya bermain 15 menit. Namun, di jeda internasional terkini, penyerang Sassuolo tersebut tampil brilian. Ketika Italia menghajar Lithuania 5-0, 8 September 2021, Raspadori menyumbang satu gol dan satu asis.

Di Sassuolo, Raspadori memang tak begitu menonjol dalam hal mencetak gol. Ia baru mengemas satu gol dari tujuh pertandingan Serie A musim ini. Namun, kemampuannya yang menonjol adalah bagaimana ia menautkan permainan (link-up play) dan kemampuan memainkan dua kaki dengan sama baiknya.

“Saya punya kemampuan dan tubuh seorang nomor sembilan palsu (false nine), tetapi saya juga memiliki karakter seorang nomor sembilan sejati,” imbuh Raspadori.

Giacomo Raspadori lahir di Bologna, Italia pada 18 Februari 2000. Ia sempat bermain untuk klub lokal Progresso sebelum digaet ke tim muda Sassuolo bersama sang kakak pada 2009.

Raspadori berkembang pesat ketika Roberto De Zerbi mengasuh Sassuolo pada 2018-2021. Pelatih yang kini memimpin Shakhtar Donetsk itu memberi Raspadori debut tim senior. 

Ia sering memasang Raspadori di pos penyerang tengah. Namun, De Zerbi juga meminta sang pemain untuk aktif terlibat membangun serangan dan sering membantu rekan-rekannya di area sayap maupun tengah lapangan.

“De Zerbi selalu menekankan kepada saya bahwa kekompletan itu penting. Anda perlu tahu bagaimana cara melakukan berbagai hal di atas lapangan,” kata Raspadori tentang mantan pelatihnya kepada Gazzetta dello Sport via Canale Sassuolo, April 2021 lalu.

Di skuad Italia sekarang, Giacomo Raspadori mesti bersaing dengan penyerang Juventus, Moise Kean di pos ujung tombak. Dua penyerang ini merupakan kandidat penerus Ciro Immobile di lini serang Timnas Italia.

Baca Juga: Sandro Tonali Sebut Satu-satunya Tujuan I Rossoneri Musim 2021-2022 adalah Juara Liga Italia


 



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.