Kompas TV olahraga kompas sport

Komentar PT LIB soal Bentrok Suporter di Jogja Jelang Duel Persis vs Dewa United

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 15:02 WIB
komentar-pt-lib-soal-bentrok-suporter-di-jogja-jelang-duel-persis-vs-dewa-united
Koreografi yang dilakukan oleh suporter Persis Solo, Pasoepati. (Sumber: Tribun Jateng/Galih Permadi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Operator kompetisi Liga 1 2022-23, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan komentar terkait insiden bentrok suporter di Yogyakarta, Senin (25/7/2022) kemarin. 

Insiden bentrok suporter tersebut terjadi jelang duel pekan perdana Liga 1 2022-23 antara Persis Solo vs Dewa United yang berlangsung di Stadion Moch Soebrata, Magelang. 

Mulanya, rombongan suporter Persis Solo yang hendak menyaksikan tim kesayangannya di Magelang, justru lewat ke tengah Kota Yogyakarta, persisnya di Tugu Pal Putih. 

Baca Juga: Buntut Kericuhan Suporter Persis Solo di Sleman, Gibran Minta Maaf dan Siap Tanggung Jawab

Rombongan suporter tersebut diketahui melakukan provokasi dan memicu warga setempat. 

“Itu dari arah timur. Kemungkinan, ya. Sebab, proses penyelidikan masih berlangsung, mungkin itu suporter mau ke Magelang,” kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta, Ajun Komisaris Timbul Sasana Raharjo.

“Warga sedikit terprovokasi. Untungnya tidak ada korban jiwa. Tidak ada kontak fisik, tetapi beberapa kaca warung pecah,” kata dia.

Mengetahui hal tersebut, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengimbau para suporter untuk selalu tertib dan tidak melanggar hukum. 

Baca Juga: Suporter Persis Solo dan Warga di Yogyakarta Bentrok! Beberapa Orang Ditangkap Polisi

“Semua suporter harus sama-sama dengan semua pihak untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban, baik di dalam maupun di mana pun,” kata Akhmad Hadian Lukita kepada KOMPAS.com.

“Jangan sampai melanggar hukum seperti mengganggu lingkungan yang dilalui, merusak aset pemerintah dan sebagainya,” kata dia mengakhiri.

Terlepas dari itu, Persis Solo sendiri menelan kekalahan 2-3 dari Dewa United. 

Soal mengapa mereka bermain kandang di Magelang, lantaran Stadion Manahan sedang disiapkan untuk ajang ASEAN Paragames 2022. 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x