Kompas TV regional peristiwa

Buntut Kericuhan Suporter Persis Solo di Sleman, Gibran Minta Maaf dan Siap Tanggung Jawab

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 12:08 WIB
buntut-kericuhan-suporter-persis-solo-di-sleman-gibran-minta-maaf-dan-siap-tanggung-jawab
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta maaf kepada warga atas kericuhan yang dilakukan suporter Persis Solo (Sumber: Kompas TV/Widi Nugroho)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta maaf kepada warga atas kericuhan suporter Persis Solo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (25/7/2022) kemarin.

Terkait kejadian itu, Gibran siap bertanggung jawab dan mengganti rugi atas dampak kerusakan dari insiden tersebut.

"Yang jelas saya memohon maaf sebesar-besarnya untuk warga Jogja (Sleman) yang mungkin kemarin merasa tidak nyaman atas kejadian ini. Saya bertanggung jawab penuh apabila ada kerusakan-kerusakan atau hal-hal yang lain-lain," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, seperti dilansir dari Tribunsolo, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, kakak kandung Kaesang Pangarep ini mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan manajemen Persis Solo untuk melakukan penggantian kerusakan.

Baca Juga: JPW Ajak Suporter dan Warga Yogya Menahan Diri Tidak Melakukan Tindakan Melanggar Hukum

Ia menyebut, manajemen sudah menghitung jumlah warung yang mengalami kerusakan.

"Saya sudah berkoordinasi dengan manajemen Persis Solo, sudah dengan Kevin juga. Sudah kita identifikasi ada beberapa tempat atau warung yang ada kerusakan kecil. Itu nanti jadi tanggung jawab kami," ujarnya.


 

Gibran pun siap membantu korban yang mengalami luka-luka.

"Beberapa yang luka yang jelas kami siap membantu tetapi kemarin laporan terakhir tidak mau dijahit, ya sudah. Pokoke aku sing tanggung jawab (pokoknya saya yang tanggung jawab)," ucapnya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Manajemen Persis Solo akan berangkat ke Jogja untuk meminta maaf dan bertanggung jawab. 

"Nanti yang berangkat ke Jogja biar manajemen dulu. Yang jelas saya minta maaf sudah merepotkan sudah membuat suasana tidak nyaman," tuturnya.

"Yang mengganti kerusakan dari manajemen sudah siap nanti kalau ada yang rusak lagi laporkan saja kami siap bertanggung jawab," kata dia.

Sebelumnya, aksi bentrok suporter Persis Solo yang terjadi di Yogyakarta, Senin (25/7/2022) berawal dari aksi provokasi suporter Persis yang hendak bertandang ke Magelang.

Seperti diketahui, Persis dijadwalkan bermain di Stadion Moch. Soebroto Magelang melawan Dewa United. Namun, momen comeback Persis ke Liga 1 2022-23 malah ternoda oleh aksi para suporternya.

Dikutip dari Tribun Jogja, berdasar kesaksian Yono, seorang petugas parkir yang berada di lokasi satu motor dilaporkan rusak dalam bentrokan tersebut dan satu korban mengalami luka.

Sementara kini, aksi bentrokan suporter sepak bola di Yogyakarta ini sudah ditangani pihak kepolisian setempat dan masih dalam proses penyidikan.

Baca Juga: Komentar Jacksen F Tiago Terkait Kericuhan Suporter Persis Solo di Yogyakarta



Sumber : Tribunsolo/Tribunjogja


BERITA LAINNYA



Close Ads x