Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Bangladesh: Menanti Ledakan Lilipaly

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 13:17 WIB
indonesia-vs-bangladesh-menanti-ledakan-lilipaly
Stefano Lilipaly kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Pertandingan International Match Day antara Indonesia vs Bangladesh yang digelar malam ini, Rabu (1/6/2022) di Stadiun  Jalak Harupat, Bandung, akan jadi pembuktian, apakah Stefano Lilipaly akan jadi pembeda di timnas.

Shin Tae-yong dalam kesempatan laga Indonesia vs Bangladesh ini sudah memanggil 29 pemain timnas dan beberapa berposisi di lini depan dan gelandang serang.

Beberapa nama striker seperti Irfan Jauhari dan Dimas Drajat mengemuka dalam daftar yang dipanggil Shin Tae-yong.

Jika merujuk pada skema Shin Tae-yong yang kerap memakai striker tunggal yang cepat dalam pakem 4-2-3-1, maka bisa jadi Irfan Jauhari akan mendapatkan porsi yang lebih.

Irfan sebagai contoh dalam Sea Games lalu, bahu membahu dengan Egy Maulana Vikri maupun Witan Sulaeman di samping kiri-kanan timnas.

Sayangnya, Egy dipastikan tidak tampil karena cedera.

Secara taktikal, tugas pemain depan di era STY ini memang sebagai penarik lawan, sekaligus sebagai false 9 yang tugas utamanya mengacaukan sistem pertahanan lawan.  

Pemain jenis ini pun ditugaskan untuk menarik bek lawan untuk mengikuti dirinya sehingga winger, seperti pada Witan, Kambuaya  atau Egy bisa cetak gol.

Sedangkan untuk Dimas Drajad ini adalah kesempatan membuktikan bahwa dirinya layak berseragam timnas lagi.

Dimas Drajad adalah mantan penggawa timnas di kelompok umur, mulai dari U16, U19 hingga U23.

Di Liga 1 musim 2021/2022, Dimas Drajad berhasil mencatatkan 31 penampilan dan 11 gol. Jumlah gol yang lumayan jika dibandingkan pemain timnas lain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Meski begitu, sepertinya ia harus berusaha keras lagi untuk bisa masuk ke lini depan timnas karena ada sosok Lilipaly di sana. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x