Kompas TV olahraga kompas sport

Sukses Raih 9 Medali, Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Atlet Paralimpiade Indonesia

Kompas.tv - 5 September 2021, 16:56 WIB
sukses-raih-9-medali-dubes-heri-akhmadi-apresiasi-atlet-paralimpiade-indonesia
Hary Susanto/Leani Ratri Oktila meraih medali emas di cabang olahraga bulu tangkis ganda campuran di ajang Paralimpiade Tokyo, Minggu (5/9/2021). (Sumber: Twitter Badminton Talk)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo.

Lebih khusus apresiasi ditujukan kepada Leani Ratri Oktila/Hary Susanto yang meraih emas kedua pada hari ini, Minggu (5/9/2021).

“Saya mengapresiasi medali emas kedua Indonesia yang disumbangkan oleh Ratri dan Hari. Terutama bagi Ratri yang mampu meraih dua medali emas,” kata Heri Akhmadi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas TV.

Selain itu, Heri juga menyebut Paralimpiade ini sebagai arena pembuktian diri bagi Ratri untuk berprestasi hingga meraih dua medali emas dan satu medali perak.

“Sebagai atlet, ajang Paralimpiade ini sebagai arena pembuktian diri bagi Ratri. Saya menilai apa yang diraih Ratri merupakan prestasi atlet Indonesia yang luar biasa di mana dalam event sebesar Paralimpiade ia mampu meraih dua medali emas dan satu perak,” tambahnya.

Terkait prestasi yang telah didapatkan seluruh kontingen, lebih lanjut Heri mendorong Pemerintah Indonesia, lembaga pendidikan, federasi, hingga pengusaha untuk terus mendukung hingga kemudian prestasi ini bisa terus dipertahankan.

Heri menjadi saksi di pinggir lapangan di Yoyogi National Stadium, atas perjuangan dan keberhasilan atlet Indonesia meraih medali. 

Baca Juga: Raih 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak di Paralimpiade Tokyo, Leani Ratri: Saya Cukup Puas

“Ke depannya atlet kita ini harus dijaga sebaik-baiknya dengan dukungan tidak hanya dari federasi dalam hal ini NPC (National Paralympic Committee) Indonesia tetapi juga oleh pemerintah dan kalangan pengusaha serta dunia pendidikan supaya prestasi ini bisa dipertahankan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman menyatakan medali yang didapatkan dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo melebihi target dan merupakan prestasi yang luar biasa.

Perlu diketahui, sebelumnya Andi Herman pada Selasa (24/8/2021) menyatakan kontingen atlet difabel yang berangkat ke Tokyo memiliki target raih lima medali.

“Jadi hasil ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mampu melebihi target awal yang kita tetapkan sebelum berangkat ke Paralimpiade 2020,” kata Andi Herman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Minggu (5/9/2021).

Melebihi dari target, dari hasil klasemen terakhir Indonesia telah berhasil menyabet sembilan medali dalam ajang olahraga multicabang dunia di Tokyo.

Total medali yang telah diraih kontingen Indonesia di Paralimpiade 2020 yaitu dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Berikut rinciannya:

Medali Emas
1. Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dari para-badminton di nomor ganda putri SL3-SU5.
2. Leani Ratri Oktila/Hary Susanto dari para-badminton nomor ganda campuran SL3-SU5.

Medali Perak
1. Leani Ratri Oktila dari para-badminton nomor tunggal putri SL4.
2. Dheva Anrimusthi dari para-badminton nomor tunggal putra Standing Upper 5.
3. Ni Nengah Widiasih dari para-powerlifting kelas 41 kg putri.

Baca Juga: Hary/Leani Raih Medali Emas Bulu Tangkis Ganda Campuran di Paralimpiade 2020

Medali Perunggu
1. Suryo Nugroho dari para-badminton tunggal putra Standing Upper 5.
2. David Jacobs dari para-tenis meja kelas 10.
3. Saptoyogo Purnomo dari para-atletik nomor lari 100 meter T37 putra
4. Fredy Setiawan dari para-badminton nomor tunggal putra SL4.

Medali emas Paralimpiade 2020 menjadi sejarah lantaran tahun ini pertama kalinya atlet Indonesia membawa pulang emas ke tanah air setelah 41 tahun sejak 1980.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x