Kompas TV nasional peristiwa

Raih 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak di Paralimpiade Tokyo, Leani Ratri: Saya Cukup Puas

Kompas.tv - 5 September 2021, 15:42 WIB
raih-2-medali-emas-dan-1-medali-perak-di-paralimpiade-tokyo-leani-ratri-saya-cukup-puas
Leani Ratri Oktila atlet para-badminton yang menyabet dua medali emas dan satu medali perak dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo (Sumber: Dok. NPC Indonesia)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

 

TOKYO, KOMPAS.TV - Leani Ratri Oktila atlet para-badminton mengaku puas atas medali perak yang disabet dalam ajang Paralimpiade 2020.

Menurut Ratri, melalui medali perak yang didapatkan ia juga mengakui bahwa lawannya dalam para-badminton final tunggal putri SL4, yaitu Cheng Hefang asal Tiongkok telah tampil lebih baik.

"Saya cukup puas dengan hasil yang saya dapatkan sejauh ini. Untuk saat ini saya harus mengakui bahwa lawan saya lebih baik dari saya," kata Ratri dalam keterangan tertulis, Minggu (5/9/2021).

Di sisi lain, Ratri juga menerangkan kurang istirahat lantaran tes doping yang memakan waktu lama.

Hal itu, kata Ratri menyebabkan dirinya kelelahan ketika selesai doping.

"Tadi malam, tes doping memakan waktu begitu lama sehingga saya kelelahan ketika selesai, saya tidak punya energi lagi,” terangnya.

Tak hanya itu, Ratri yang juga disebut sebagai Ratu Para-badminton juga mengaku fokusnya terpecah lantaran dalam sehari akan bertanding dalam dua laga.

Baca Juga: Ganda Putri Bulutangkis Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Puan: Kebanggaan Indonesia

Pertama, tunggal putri dan kedua ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto.

“Tapi mungkin saya juga tidak bisa terlalu fokus pada pertandingan ini karena saya masih ada pertandingan ganda lagi nanti,“ tambahnya.

Kendati demikian, Leani Ratri berhasil mengharumkan bangsa dengan menyumbangkan dua medali emas dan satu medali perak dalam ajang olahraga dunia di Tokyo.

Pertama, medali emas diraihnya setelah berjuang sengit bersama pasangannya Khalimatus Sadiyah dalam para-badminton di nomor ganda putri SL3-SU5.

Sementara medali emas kedua, diraihnya bersama Hary Susanto dalam para-badminton nomor ganda campuran SL3-SU5.

Meski sempat gagal meraih emas dalam tunggal putri, tetapi Ratri mampu membuktikan kemahirannya saat berjuang bersama Hary.

Dari daya juang itulah kemudian, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman menyatakan prestasi yang diraih Indonesia sangat luar biasa dan inspiratif.

Salah satunya, para difabel yang berlaga di multicabang olahraga mampu membuktikan bisa berprestasi di kancah dunia.

"Selain perjuangan yang berat dari pemain Indonesia tetapi hasil ini juga memberikan inspirasi bagi kita bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia,” cetus Andi.

Baca Juga: Indonesia Lampaui Target di Paralimpiade 2020, Andi Herman: Ini Prestasi Luar Biasa yang Inspiratif



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x