Kompas TV nasional peristiwa

Ganda Putri Bulutangkis Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Puan: Kebanggaan Indonesia

Kompas.tv - 5 September 2021, 10:09 WIB
ganda-putri-bulutangkis-raih-medali-emas-di-paralimpiade-tokyo-2020-puan-kebanggaan-indonesia
Ketua DPR RI, Puan Maharani membacakan teks proklamasi dengan menggunakan busana adat minang (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ganda putri bulutangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah, berhasil menyumbang medali emas pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020. 

Keberhasilan itu diraih usai mengalahkan pasangan China, Cheng Hefang/Ma Huihui, dengan dua game langsung 21-18, 21-12 di Yoyogi National Gymnasium, Sabtu (4/9/2021).

Ratri/Khalimatus menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil membawa pulang medali emas pada Paralimpiade setelah 41 tahun. Terakhir, kontingen Indonesia membawa pulang medali emas pada 1980.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi keberhasilan Leani/Khalimatus dan mengatakan keduanya adalah kebangaan rakyat Indonesia. 

"Kemenangan Ratri/Khalimatus adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Ratri/Khalimatus yang telah membuat lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di pentas olahraga dunia," kata Puan,  Minggu (5/9/2021).

Puan mengatakan kemenangan Ratri/Khalimatus membuat haru sekaligus bangga mengingat prestasi ini diraih saat kondisi masih dilanda pandemi Covid-19.

Baca Juga: Leani Ratri Oktila Tampil di Tiga Final Paralimpiade Tokyo 2020, Berpeluang Tambah 2 Medali Emas

Menurut dia, kebanggan kepada Ratri/Khalimatus sama seperti saat Greysia/Apriani meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

"Apalagi Ratri/Khalimatus berhasil memecahkan puasa medali emas Indonesia selama 40 tahun di ajang Paralimpiade," ujarnya.

Dia menjelaskan, kemenangan Ratri/Khalimatus semakin menguatkan determinasi ganda putri Indonesia untuk cabang bulutangkis di pentas dunia seperti Olimpiade maupun Paralimpiade.

Puan mengatakan, Ratri/Khalimatus adalah contoh perempuan tangguh yang dengan keterbatasannya mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa.

Selain Ratri/Khalimatus, Puan juga memberikan pujian bagi atlet-atlet lain yang berhasil membawa pulang medali pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

"Saya juga berterima kasih untuk Dheva Anrimusthi, Suryo Nugroho, Ni Nengah Widiasih, Saptoyogo Purnomo, dan David Jacobs, yang telah membuat Indonesia bangga atas perolehan medali di Paralimpiade Tokyo 2020," katanya.

Baca Juga: Torehkan Sejarah!! Pasangan Ratri/Alim Berhasil Sabet Emas dalam Paralimpiade Tokyo 2020

Apresiasi juga turut disampaikan kepada para atlet yang belum berhasil mendapatkan medali.

Puan mengajak para atlet yang belum berhasil memperoleh medali untuk tetap semangat karena masyarakat Indonesia tetap bangga atas upaya keras kontingen Paralimpiade Merah Putih dalam mengharumkan nama bangsa.

"Indonesia masih memiliki peluang untuk kembali mendapatkan medali. Mari kita doakan atlet-atlet Merah Putih yang masih berjuang di Tokyo agar bisa mendapatkan hasil terbaik," ujarnya.



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x