Kompas TV olahraga kompas sport

BUMN Guyur Bonus Lagi Rp37,5 Miliar untuk Atlet, Pelatih, hingga Ofisial Olimpiade 2020

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 00:43 WIB
bumn-guyur-bonus-lagi-rp37-5-miliar-untuk-atlet-pelatih-hingga-ofisial-olimpiade-2020
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan hadiah total Rp37,5 miliar untuk seluruh atlet dan ofisial Olimpiade Tokyo 2020. (Sumber: Screenshot)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kerja keras para atlet yang bertarung di ajang Olimpiade Tokyo 2020 kembali terbayar. Mereka mendapat bonus dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta seluruh perusahaan BUMN.

Totalnya yakni sebanyak Rp37.500.000.000. Jumlah tersebut akan dibagikan kepada para atlet, pelatih, tim dokter, masseur, serta ofisial pendukung lainnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, hadiah sepesial tersebut untuk menunjukkan dukungan BUMN begitu besar terhadap atlet-atlet Tanah Air.

"Karena atlet-atlet ini luar biasa, saya ini kan bagian dari mereka juga. Jadi kalau BUMN mau support atlet ya jangan setengah-setengah," katanya pada program spesial acara ROSI KOMPAS TV bertajuk Hadiah Kemerdekaan Indonesia, Kamis (26/8/2021).

"Saya ketuk hati para direksi BUMN karena Olimpiade ini tingkat tertinggi olahraga jadi bukan hanya juara titik-titik, nah ini memang harus diapresiasi," sambung mantan bos Inter Milan itu.

Baca Juga: Greysia Polii Beberkan Isi Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020, ternyata ...

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, apresiasi tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi yang meraih medali tetapi juga yang bisa mewakili Indonesia di ajang Olimpiade.

"Ini sangat membanggakan. Jadi apresiasi ini adalah juga terhadap persiapan kemudian keikutsertaan dan kami harapkan ini juga akan menjadi motivasi ke seluruh atlet kita untuk terus berprestasi mewakili negara kita," katanya.

Direktur Utama BRI Sunarso menambahkan, ke depannya yang perlu diperhatikan kembali adalah setiap cabang olahraga harus mempunya visi misi yang tepat.

"Kalau semua cabang olangraga sudah mempunyai visi dan strategi bagus maka kami tinggal support saja apa yang bisa dilakukan BUMN supaya visinya itu bisa dicapai dengan strategi tadi, dan dirancang benar-benar secara konsisten," jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Direktur Utama Taspen ANS Kosasih. Menurut dia, BUMN itu mempunyai banyak hal yang bisa dilakukan untuk sumbangsih perkembangan olahraga Tanah Air.

Setidaknya ada tiga yang dilakukan oleh BUMN. Pertama mengalokasikan CSR untuk pelatihan dan pembinaan karier atlet serta pelatih.

"Dari sejak dini rekruitmen di sekolah kita bisa melakukan talent scouting di sekolah-sekolah," terangnya.

Kemudian yang kedua, BUMN bisa juga memberikan bonus dan insentif bagi seluruh atlet dan ofisial.

Baca Juga: Momen Jokowi Serahkan Bonus untuk Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo

Terakhir, sebagai BUMN kita juga bisa memberikan asuransi sarana investasi bahkan pendampingan wirausaha untuk masa depan para atlet. Sebab, menurutnya, tidak semua atlet bisa berwirausaha setelah tidak lagi menjadi atlet.

"Jadi waktu jadi atlet mereka bisa fokus untuk produktif, berprestasi, dan nanti setelah tidak lagi berprestasi kami di BUMN yang bisa bantu mereka untuk bisa berkarya untuk keluarganya," pungkasnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x