Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Barito Timur Pastikan PSU dan PSL di 2 TPS Bakal Dilaksanakan Jumat 23 Februari 2024

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 10:34 WIB
kpu-barito-timur-pastikan-psu-dan-psl-di-2-tps-bakal-dilaksanakan-jumat-23-februari-2024
Ilustrasi pemilu 2024. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

BARITO TIMUR, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, memastikan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) di 2 tempat pemungutan suara (TPS) pada Jumat (23/2/2024).

Kepastian itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Barito Timur, Satya Hedipuspita, Selasa (20/2/2024).

PSU bakal dilaksanakan di TPS 3 Tampa Kecamatan Paku dan pemungutan suara Lanjutan (PSL) di TPS 2 Karang Langit Kecamatan Dusun Timur dilaksanakan pada Jumat (23/2).

“Surat suara untuk PSU di TPS 3 Tampa sudah siap. Sedangkan surat suara untuk PSL di TPS 2 Karang Langit masih dalam proses,” kata dia, di Tamiang Layang, dikutip Antara.

Baca Juga: Ini Alasan Bawaslu Makassar Minta Pemungutan Suara Ulang di 8 TPS

Ia juga menuturkan bahwa petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada TPS 3 Tampa maupun TPS 2 Karang Langit telah siap menyelenggarakan pemungutan suara.

Pelaksanaan PSU pada TPS 3 Tampa berdasarkan saran perbaikan pengawas TPS Bawaslu, dengan adanya saran perbaikan dari PTPS yang disampaikan kepada KPPS, yang kemudian disampaikan kepada KPU Barito Timur.

"Saran tersebut ditindaklanjuti dengan dilaksanakan pleno komisioner KPU Barito Timur dengan keputusan dilaksanakannya PSU dan PSL," katanya.

Dia mengatakan, pada TPS 3 Tampa terdapat 294 pemilih yang terdaftar dalam DPT. Sedangkan pada TPS 02 Karang Langit terdapat 22 pemilih susulan.

Kapolres Barito Timur, AKBP Viddy Dasmasela menyatakan jajarannya siap mengamankan PSU dan penghitungan suara sementara (PSS) di wilayahnya.

PSU tersebut akan dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Tampa, Kecamatan Paku, dan TPS 02 Desa Karang Langit, Kecamatan Dusun Timur.


 

“Kita pastikan keamanan dan kelancaran proses PSU dan PSS tersebut,” kata Viddy Dasmasela.

Menurut Viddy, dalam mengamankan PSU dan PSS di kedua TPS tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak terkait, termasuk penyelenggara KPU, Bawaslu dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Masyarakat Jangan Mau Dikibuli oleh Prabowo Style

“Personel yang bertugas untuk pengamanan TPS tersebut sudah kita siapkan. Intinya penjagaan ketat,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah TPS 3 Tampa dan TPS 2 Karang Langit untuk tetap menjaga situasi keamanan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x