Kompas TV nasional hukum

Pihak Sekolah Ungkap Dante Memang Tak Bisa Berenang: Sangat Ketakutan kalau Ada Sesi Renang

Kompas.tv - 16 Februari 2024, 16:23 WIB
pihak-sekolah-ungkap-dante-memang-tak-bisa-berenang-sangat-ketakutan-kalau-ada-sesi-renang
Reza Indragiri Amriel, seorang Psikolog Forensik, membeberkan analisisnya terkait dugaan pembunuhan berencana terhadap anak Tamara Tyasmara, Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak sekolah Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6) mengungkapkan bahwa anak murinya tersebut sering kali ketakutan jika ada sesi pelajaran berenang.

Ketua Yayasan & Parents Relation Janitra Bina Manusa School -- tempat Dante bersekolah -- Wani Siregar, mengatakan bahwa Dante mempunyai masalah ketakutan dengan aktivitas berenang.

"Dante punya masalah ketakutan dan masih belum percaya diri,” kata Wani Siregar dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Jumat (16/2/2024).

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan Periksa Kondisi Psikologis Tamara Tyasmara dalam Kasus Kematian Dante

Wani membeberkan, ketakutan Dante itu terungkap berdasarkan pengamatan pihak sekolah bahwa ketika pelajaran sesi renang, Dante sangat ketakutan. Bahkan, kerap tak mau lepas dari pelukan gurunya.

“Hal itu terindikasi dari beberapa pengamatan pihak sekolah. Pertama, saat kala sesi renang baru diadakan di sekolah, terlihat Dante sangat ketakutan dan tidak mau lepas dari pelukan gurunya, " ujar Wani Siregar.

Baru kemudian setelah beberapa kali sesi renang dilaksanakan, kata Wani, lambat laun Dante mulai menunjukkan kemauan untuk mengikuti sesi berenang.

Namun demikian, kata dia, Dante tetap masih terlihat kurang percaya diri untuk mengikuti sesi renang di sekolahnya.

“Walaupun sudah ada beberapa pelatih di dalam kolam dan diberikan panduan, maupun menggunakan papan renang dan pengapung, Dante memilih untuk tetap duduk di pinggir kolam,” tutur Wani.

Baca Juga: Tamara Tyasmara Akui Sempat Cek Kolam Renang untuk Dante: Itu Hal yang Wajar

Ketika duduk di pinggir kolam, Dante kemudian melihat-lihat sambil mengobservasi keadaan kolam dan kondisi teman-temannya yang sedang bermain dan belajar renang di dalam kolam dengan pelatihnya.

“Setelah beberapa lama mengobservasi, baru kemudian Dante akhirnya memutuskan siap dan mau untuk masuk ke dalam air,” tutur Wani.

Wani juga mengungkapkan, Dante selalu jadi peserta paling akhir untuk melakukan aktivitas rutin dalam sesi renang. 

Pihak sekolah mengakui memang prinsip metode belajar yang diterapkan bukan dengan paksaan, tapi lebih kepada dukungan dan dorongan yang menguatkan.

Sebelumnya, Raden Andante Khalif Pramudityo alias Dante (6), anak dari artis Tamara Tyasmara dengan Angger Dimas yang tewas ditenggelamkan, disebut tidak bisa renang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x