Kompas TV nasional rumah pemilu

Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Didukung Kuat Pemilih Berstatus Pendidikan Menengah dan Dasar

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 14:10 WIB
litbang-kompas-prabowo-gibran-didukung-kuat-pemilih-berstatus-pendidikan-menengah-dan-dasar
Perolehan Suara Paslon Berdasarkan Aspek Demografis (Sumber: Captur Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perolehan tinggi Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 diperkuat dari pemilih dengan status pendidikan menengah dan dasar.

Berdasarkan data Litbang Kompas, pemilih Prabowo-Gibran dengan status pendidikan menengah ada di posisi 57,4 persen. Sementara untuk pemilih dengan status pendidikan dasar yang memilih Prabowo-Gibran berada di angka 55,6 persen dan pendidikan tinggi 41,7 persen.

Berbeda dengan Prabowo-Gibran, dukungan untuk Anies-Muhaimin lebih diperkuat dari pemilih berlatar belakang pendidikan tinggi.

Masih berdasarkan data Litbang Kompas, angka pemilih berlatar belakang pendidikan tinggi mencapai 30,4 persen. Meski demikian, tingginya angka pemilih berlatar pendidikan tinggi yang memilih Anies-Muhaimin tidak lebih baik jika dibanding terhadap Prabowo-Gibran 41,7 persen.

Baca Juga: Analisis Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Didukung Gen Z, Kalangan Pendidikan dan Lintas Agama

Sementara dukungan terhadap Anies-Muhaimin dari pemilih berlatar pendidikan menengah adalah 20,7 persen dan 18,8 persen dari pemilih berlatar pendidikan dasar.

Kemudian terhadap paslon Ganjar-Mahfud, dukungan tinggi diberikan oleh pemilih dengan status pendidikan rendah 17,4 persen. Sedangkan dari pemilih dengan status pendidikan menengah yang mendukung Ganjar-Mahfud mencapai 12,3 persen dan tinggi 12,6 persen.

Sementara jika mengacu dari jenis kelamin, pemilih perempuan yang mendukung Prabowo-Gibran lebih banyak daripada pemilih laki-laki dengan perbandingan 55,1 persen dan 53,6 persen.

Begitu pun untuk Anies-Muhaimin, pemilih perempuan lebih banyak memilih pasangan ini ketimbang pemilih laki-laki dengan perbandingan 22 persen dan 21,7 persen.

Berbeda dengan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin, pemilih Ganjar-Mahfud lebih banyak laki-laki ketimbang perempuan dengan perbandingan 15,7 persen dan 13,4 persen.

Baca Juga: Hasto Sebut Ada yang Panik dengan Hasil Exitpool: Keluarkan Instruksi Bergerak Lebih Masif Dukung 02

Hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Presiden 2024 yang dilakukan Litbang Kompas pada 14 Februari 2024 menunjukkan, perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mencapai 58,73 persen, saat jumlah sampel masuk sebesar 88,45 persen pada pukul 21.21. Dengan hasil ini, pilpres diprediksi akan berlangsung satu putaran.

Hasil suara untuk Prabowo-Gibran terpaut cukup jauh dengan kedua pasangan lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapatkan 25,10 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,17 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x