Kompas TV nasional rumah pemilu

Berbicara di Ambon, Anies Janjikan Perpustakaan Bertaraf Internasional dan Internet Gratis

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 13:12 WIB
berbicara-di-ambon-anies-janjikan-perpustakaan-bertaraf-internasional-dan-internet-gratis
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berbicara dalam acara Desak Anies di Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024). (Sumber: Timnas AMIN via ANTARA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

AMBON, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) RI nomor urut 1, Anies Baswedan, berjanji akan membangun perpustakaan bertaraf internasional seperti perpustakaan baru di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, saat berbicara dalam acara Desak Anies di Pantai Beby, Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).

Anies menjelaskan hal itu untuk menjawab pertanyaan Hijra, mahasiswi Universitas Pattimura, Ambon. Hijra mengeluhkan ketidaksetaraan dan ketimpangan akses untuk mendapatkan informasi di Indonesia.

“Kami sebagai anak bangsa, sebagai pelajar, sebagai mahasiswa, mengalami ketidaksetaraan dan ketimpangan dalam akses informasi dan ilmu pengetahuan,” katanya.

“Karena pada faktanya, paket internet dan harga buku di Pulau Jawa berbeda dengan di luar Pulau Jawa.”

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran Soal Temuan Koran 'Achtung', Diduga Upaya Penggagalan Pemilu 2024

Menurut Anies, kesetaraan dalam mengakses ilmu pengetahuan merupakan hal penting dalam membangun sumber daya manusia.

“Ini sangat mendasar sekali, ketika kesetaraan akses kepada ilmu itu tidak terjadi, maka ketimpangan akan terus muncul, pasti,” tuturnya, dikutip dari Youtube Kompas TV.

“Karena itu, kesetaraan pada akses ilmu menjadi penting. Jadi nomor satu, tadi terkait dengan buku, insyaallah nanti kita akan bantu siapkan. Satu adalah membangun perpustakaan bertaraf internasional,” tambah Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, pembangunan perpustaan bertaraf internasional itu akan merujuk pada pembangunan perpustakaan baru di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x