Kompas TV nasional peristiwa

PT IMIP Sebut akan Beri Santunan Rp600 Juta untuk Korban Tewas akibat Ledakan Smelter di Morowali

Kompas.tv - 26 Desember 2023, 18:47 WIB
pt-imip-sebut-akan-beri-santunan-rp600-juta-untuk-korban-tewas-akibat-ledakan-smelter-di-morowali
Situasi terkini bagian pabrik PT ITSS setelah tungku smelter No. 41 yang terbakar tadi pagi pukul 06.15 WITA berhasil dipadamkan oleh Tim Pemadam Kebakaran PT IMIP. (Sumber: Kompas.com/Dok PT IMIP.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

MOROWALI, KOMPAS.TV - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyatakan bakal memberikan santunan sebesar Rp600 juta kepada keluarga korban meninggal dunia akibat ledakan tungku smelter nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel.

“Besaran santunan yang diberikan PT IMIP ini sebesar Rp600 juta untuk masing-masing korban,” kata Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan dalam keterangan resminya pada Selasa (26/12/2023).

Dedy menjelaskan, santunan senilai ratusan juta rupiah tersebut akan diserahkan secara simbolis oleh PT IMIP kepada ahli waris dari keluarga korban.

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Bertambah Jadi 18 Orang

Menurut Dedy, pemberian santunan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap karyawan yang menjadi korban meninggal dunia dalam peristiwa ledakan smelter itu.

Dedy menuturkan, pihaknya juga telah menyerahkan santunan awal berupa uang senilai Rp25 juta bagi setiap korban meninggal dunia. 

Santunan awal itu, kata dia, sudah termasuk untuk biaya pengantaran jenazah ke rumah duka. Selain itu, Dedy menambahkan, PT IMIP juga berkoordinasi dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk santunan lainnya.

Berdasarkan kesepakatan, Dedy membeberkan, ahli waris korban meninggal dunia juga akan menerima uang berupa jaminan santunan dengan nilai 48 kali dari upah pokok terendah di kawasan IMIP yakni Rp3.675.000.

“Artinya setara Rp174.400.000. Dana pemakaman jenazah juga diberikan sebesar Rp10 juta,” tutur Dedy.

Baca Juga: Perusahaan Beri Rp176 Juta ke Keluarga Korban Ledakan Smelter, Eks Wakil Ketua KPK: Biadab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x