Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar-Mahfud Janjikan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, INDEF: Pasang Angka Gampang, Realisasinya Susah

Kompas.tv - 26 Desember 2023, 08:00 WIB
ganjar-mahfud-janjikan-pertumbuhan-ekonomi-7-persen-indef-pasang-angka-gampang-realisasinya-susah
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD tiba untuk mengikuti debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) buka suara menanggapi pernyataan calon wakil presiden atau cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, yang menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen jika menag dalam Pilpres 2024 nanti.

Diketahui, dalam debat Pilpres 2024 pada Jumat (22/12/2023) pekan lalu, Mahfud MD menjanjikan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen apabila dirinya dan Ganjar Pranowo dipercaya untuk memimpin Indonesia.

Namun, menurut Wakil Direktur INDEF Eko Listiyanto, target pertumbuhan ekonomi yang hendak dicapai oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sebesar 7 persen akan sulit terealisasi.

Baca Juga: Bahlil Ingatkan PDIP Sudah Berkuasa 10 Tahun, Ganjar: Pak Bahlil Unik Orangnya, Adaptif

"Jadi, kalau target pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam 5 tahun atau rata-rata 7 persen per tahun, memang tidak ada yang tidak mungkin, tetapi sepertinya berat untuk dicapai ya," kata Eko, Senin (25/12).

Menurut Eko, berdasarkan rekam jejak selama era reformasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak pernah menyentuh angka 7 persen.

"Ini pandangan realistis, ya, bukan pesimis. Bukan optimistis berlebihan, ya, karena pasang angka di dalam visi dan misi gampang, merealisasikannya susah," kata dia.

Ia memandang bahwa angka yang paling realistis untuk dijadikan target pertumbuhan ekonomi adalah 6 persen atau lebih tinggi dari capaian pemerintahan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat ini, berkisar di angka 5 persen.

Meski demikian, kata dia, untuk menyentuh target 6 persen dibutuhkan kerja keras serta harus memiliki sektor-sektor ekonomi dengan daya ungkit yang tinggi.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Curiga Survei Elektabilitas Prabowo-Gibran di Atas 50 Persen Sudah Dikondisikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x