Kompas TV nasional rumah pemilu

TPN Ganjar-Mahfud Curiga Survei Elektabilitas Prabowo-Gibran di Atas 50 Persen Sudah Dikondisikan

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 20:35 WIB
tpn-ganjar-mahfud-curiga-survei-elektabilitas-prabowo-gibran-di-atas-50-persen-sudah-dikondisikan
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. (Sumber: Instagram @tuangurubajang)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

MATARAM, KOMPAS.TV - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mencurigai hasil survei sejumlah lembaga yang menempatkan elektabilitas capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran di atas 50 persen atau bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024. 

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, mengatakan bahwa survei-survei tersebut bisa dijadikan alat intimidasi, mobilisasi, dan pengondisian. 

"Kan Mas Sandiaga sebagai Ketua Dewan Pakar TPN pernah menyampaikan bahwa survei itu selain memotret suara publik, bisa juga menjadi instrumen intimidasi atau untuk mobilisasi, pengondisian," kata TGB saat ditemui usai menghadiri acara Relawan Mahfud Guru Bangsa di Mataram, NTB, Senin (25/12/2023). 

Baca Juga: Tinjau Persiapan Natal, Ini Kali Pertama Ganjar Sambangi Gereja Sebagai Capres

Ia menduga survei-survei yang dimunculkan hari ini merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya pengondisian untuk memainkan psikis publik. 

"Kalau ada yang mengatakan wah pasangan calon ini sudah hampir pasti satu putaran," ucap TGB. 

"Saya punya dugaan kuat bahwa itu bagian dari pengondisian atau mobilisasi sehingga yang diharapkan itu adalah orang merasa wah sudah menang ini, kita ikut saja." 

Namun demikian, menurutnya, fakta di lapangan bertolak belakang dengan hasil yang disampaikan oleh lembaga survei. TPN melihat Ganjar-Mahfud masih bisa unggul dari pasangan calon lain. 

"Padahal realitasnya terbalik. Kita melihat Ganjar-Mahfud rebound ya dan kita yakin rebound maka pada saatnya 14 Februari kita bisa unggul dari pasangan calon yang lain," kata mantan Gubernur NTB itu.

Baca Juga: TKN Sebut Susu dan Makan Siang Gratis Program Prabowo-Gibran Bakal Dibeli dari UMKM Setempat

Oleh karena itu, TGB optimistis bahwa Ganjar-Mahfud bisa berhadap-hadapan setara dengan pasangan capres-cawapres yang lain. 

"Itu yang bisa saya katakan. Kita bisa setara dengan yang lain dan bisa memenangkan kontestasi," ujap TGB. 

Selain itu, Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjojanto juga percaya bahwa  hingga saat ini belum ada data yang menyimpulkan Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran.

Pernyataan itu untuk merespons sejumlah hasil survei  sebulan terakhir terkait elektabilitas  pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga: Cak Imin Jawab Saat Disinggung SGIE: Saya Cari di Google Ternyata Sego Goreng Iwak Endog

"Kesimpulan lain yang kami ambil adalah ketika melihat hasil-hasil survei ini adalah adanya pasangan 02 yang menargetkan pemilu satu putaran juga masih jauh dari target tersebut," kata Andi dalam jumpa pers di Media Center TPN, Senin (11/12/2023).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x