Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD soal Tema Debat Ekonomi: Kalau Mau Jadi Pemerintah Harus Siap di Segala Bidang

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 13:32 WIB
mahfud-md-soal-tema-debat-ekonomi-kalau-mau-jadi-pemerintah-harus-siap-di-segala-bidang
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD saat menghadiri acara Musyawarah Kerja Nasional MUI di Jakarta pada Jumat (1/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan berada di posisi pemerintah harus siap di segala bidang.

Oleh karena itu, Mahfud MD yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) tidak merasa terkendala dengan tema debat kedua.

“Enggak apa-apa. Kalau mau jadi pemerintah, harus siap di segala bidang. Pemerintah itu bukan hanya pemerintahan di bidang hukum, pemerintahan di bidang ekonomi, pemerintahan di bidang budaya. Semua kalau pemerintah itu. Oleh sebab itu, harus siap,” ujar Mahfud sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (22/12/2023).

Oleh karena itu, Mahfud menuturkan Tengah mempersiapkan diri dengan membaca materi yang berkaitan tema debat nanti malam.

“Ya, saya mencoba menyeleksi dahulu, segini banyak. Ada yang lewat WA (WhatsApp, aplikasi perpesanan instan), ada yang lewat kertas, itu partisipasi kepada saya,” kata Mahfud.

Baca Juga: Dewas Umumkan Hasil Sidang Etik Firli Bahuri Rabu 27 Desember 2023

Namun, lanjut Mahfud, ia mengaku tidak membaca keseluruhan materi yang diberikan karena debat menguji kemampuan seseorang, bukan kemampuan belajar terkait dengan tema debat.

“Terus terang saya tidak bisa membaca semuanya. Maka, ya saya coba olah dari itu secara random. Itu karena pada umumnya debat itu 'kan ingin merekam kemampuan saat berdebat,” ucap Mahfud.

Untuk debat cawapres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat yang telah KPU tetapkan untuk cawapres adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca Juga: Makna Pakaian Capres-Cawapres Pilpres 2024 di Panggung Debat

Nantinya dalam debat, akan ada enam segmen yang diawali dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima yakni pendalaman visi, misi, dan program kerja.


Dalam kesempatan ini, moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang cawapres, lalu peserta debat yang lain akan saling menanggapi. Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing cawapres menyampaikan pernyataan penutup.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x