Kompas TV nasional rumah pemilu

Makna Pakaian Capres-Cawapres Pilpres 2024 di Panggung Debat

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 12:57 WIB
makna-pakaian-capres-cawapres-pilpres-2024-di-panggung-debat
Poster debat Cawapres Kompas TV, ini jadwal lengkap debat Cawapres 2024 pertama besok, Jumat (22/12/2023) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD, akan kembali mengenakan kemeja berlengan panjang warna putih bertuliskan ‘Tas-Tes’ pada debat cawapres Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB.

Baju ini adalah yang sama dikenakan Mahfud MD saat mendampingi Ganjar Pranowo debat capres, 12 Desember 2023 lalu. Sementara Ganjar Pranowo mengenakan kemeja berlengan panjang warna putih dengan tulisan ‘Sat-Set.

Mengutip dari Kompas.id, Ganjar-Mahfud melalui pakaian yang bertuliskan ‘Sat-Set’ dan ‘Tas-Tes’ secara tak langsung ingin menyampaikan ke publik bahwa mereka adalah pemimpin dengan pola kerja taktis, cepat, dan tuntas.

“Mereka sudah, sedang, dan pasti akan sat-set, tas-tes,” ucap Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto dihubungi dari Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Eks Penyidik KPK soal Firli Mundur: Itu Bukan Representasi Sifat Ksatria tapi Manfaatkan Momentum

Selain itu, Ganjar menambahkan pakaian hitam dan putih melambangkan sikap berani dan tidak menjadi abu-abu.

“Hitam putih adalah keberanian. Hitam putih adalah sikap untuk tidak menjadi abu-abu. Sebuah keputusan untuk berkata ya atau tidak,” kata Ganjar pada salah satu kesempatan

Bukan hanya Ganjar-Mahfud yang tampil dengan keidentikannya di debat, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga menujukkan hal tersebut.

Anies dan Muhaimin kompak mengenakan peci, kemeja putih yang dibalut jas hitam lengkap dengan pin bertuliskan ‘AMIN’, singkatan Anies-Muhaimin, persis sama dengan foto mereka di surat suara.

Menurut Anies, kemeja bernuansa putih menggambarkan bersih, suci, dan netral serta mudah didapatkan semua kalangan. Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) menambahkan sebenarnya tidak arti khusus di balik baju yang digunakan.

Baca Juga: Begini Pengamanan Debat Cawapres dan Rekayasa Lalu Lintas Sekitar JCC

“(Sebenarnya) tidak ada arti khusus. Bahkan, publik bisa memaknai (sendiri) kostum yang dipakai pasangan Anies-Muhaimin. Adapun pakaian formal tersebut sekaligus menunjukkan seberapa pantas seseorang dalam mengemban amanat besar dari rakyat Indonesia,” katanya.

Begitu pun dengan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kandidat nomor urut 2 ini juga mengenakan setelan yang sama dengan foto mereka di surat suara, yakni kemeja berlengan panjang berwarna biru langit dengan celana hitam.

Warna biru langit yang menjadi identitas Probowo-Gibran di Pilpres 2024 dimaknai sebagai ketenangan dan kegembiraan.

“Sejuk, tenang, damai, gembira,” kata Prabowo.

Juru Bicara Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, Emil Dardak menyebutkan, pihaknya tidak ada persiapan khusus terkait pakaian untuk debat cawapres nanti malam.


“Tidak ada niatan melakukan sesuatu untuk maksud tertentu. Mas Gibran niatnya, orientasinya bekerja. Nanti apa pun yang ditampilkan (saat debat) bisa berkesan di hati masyarakat,” kata Emil yang sampai saat ini aktif sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x