Kompas TV nasional humaniora

Selain Bawa Bantuan dan Tim Medis, KRI dr Radjiman Siap Bangun RS Lapangan di Gaza

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 12:21 WIB
selain-bawa-bantuan-dan-tim-medis-kri-dr-radjiman-siap-bangun-rs-lapangan-di-gaza
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali usai memimpin upacara serah terima jabatan perwira tinggi TNI AL di lapangan Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/10/2023). Serah terima jabatan perwira tinggi TNI di antaranya Komandan Komando Pendidikan dan Pengembangan Angkatan Laut (Dankodiklatal), Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapal bantuan rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 tetap bersiaga untuk diberangkatkan ke Gaza, Palestina. 

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan, saat ini pemerintah Indonesia sedang menunggu izin dari pemerintah Mesir untuk kapal dengan misi kemanusiaanbisa berlayar di perairan Mesir yang berbatasan langsung dengan Gaza, Palestina. 

"Jadi kami masih menunggu, tetapi kami siap, dokter-dokter siap. Tenaga medis tentu dari TNI, dari TNI AL, tetapi kami membuka kesempatan kepada Kementerian Kesehatan jika ingin bergabung atau relawan, tetapi yang punya kemampuan atau spesialisasi di tenaga kesehatan atau tenaga medis," ujar  Ali, di sela-sela kegiatan di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (11/12/2023), dikutip dari Antara

Selain membawa tim dokter dan tenaga kesehatan, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 juga rencananya akan membawa perbekalan untuk membuat rumah sakit lapangan. 

Rumah sakit lapangan ini akan didirikan oleh satuan Marinir yang akan ikut berlayar bersama KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Gaza. 

Baca Juga: Menlu Retno Ungkap Sikap RI Terkait Resolusi PBB soal Gencatan Senjata di Gaza Gagal

Menurut Ali, meski personel yang disiapkan tidak banyak, namun akan sanggup membangun RS lapangan di daerah dekat Gaza, jika diminta pemerintah RI dan diizinkan otoritas setempat.

"Kami bawa juga kontainer yang nantinya untuk membuat RS lapangan dari Marinir," ujar Ali. 

Rencana pengiriman kapal bantu rumah sakit itu disampaikan pertama kali oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai pengiriman bantuan tahap pertama dari Indonesia ke Gaza pada 4 November 2023.

Prabowo mengatakan, Indonesia berkoordinasi dengan negara-negara di sekitar Gaza, Palestina, termasuk di antaranya Mesir, untuk pengiriman kapal rumah sakit bantu itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x