Kompas TV nasional hukum

Kasus Pemerasan SYL: Selain Firli Bahuri, Polda Metro Jaya Juga Periksa 3 Pegawai KPK di Bareskrim

Kompas.tv - 16 November 2023, 12:34 WIB
kasus-pemerasan-syl-selain-firli-bahuri-polda-metro-jaya-juga-periksa-3-pegawai-kpk-di-bareskrim
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (13/10/2023) malam. (Sumber: KOMPAS TV/IKSAN APRIANSYAH)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri sebagai saksi terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Gedung Bareskrim Polri pada hari ini, Kamis (16/11/2023).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan selain Firli Bahuri, penyidik Polda Metro Jaya juga memeriksa tiga saksi lainnya terkait perkara yang sama. 

Baca Juga: KPK Ungkap OTT di Bondowoso terkait dengan Perkara yang Sedang Ditangani Kejari Setempat

"Ada tiga saksi lainnya yang juga diperiksa hari ini di Dittipidkor Bareskrim oleh penyidik gabungan Subdit Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Namun demikian, Ade Safri tidak menjelaskan identitas ketiga saksi lainnya yang diperiksa tersebut. Dia hanya menyampaikan bahwa semua saksi yang dipanggil hari ini merupakan pegawai KPK.

Ade Safri menambahkan, untuk pemeriksaan hari ini, semua dikonsentrasikan di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri.

Penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipikor Bareskrim Polri kembali memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca Juga: Sempat Absen, Firli Bahuri bakal Diperiksa dalam Kasus Dugaaan Pemerasan terhadap SYL Hari Ini

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipidkor) Bareskrim Polri Kombes Pol. Arief Adiharsa mengatakan Firli sudah berada di Ruang Pemeriksaan Lantai VI Ditipidkor Bareskrim Polri sekitar pukul 09.00 WIB.

“Saat ini sudah hadir dan dalam proses dimintai keterangan di Lantai 6 Ruang Pemeriksaan Ditipidkor,” kata Arief.

Firli dijadwalkan diperiksa pukul 10.00 WIB, namun pimpinan KPK tersebut tiba lebih awal dari jadwal yakni pukul 09.00 WIB. Seperti sebelumnya, kedatangan Firli di Bareskrim Polri tidak terdeteksi oleh media yang sudah menunggu.


Sehari sebelumnya, pada Rabu (15/11/2023), penyidik gabungan memeriksa dua saksi yakni Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK Herda Helmijaya di Bareskrim Polri dan satu saksi lainnya diperiksa di Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Ketika Firli Sindir Irjen Karyoto, Sebut Abaikan Laporan Kasus Korupsi Pengadaan Sapi di Kementan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x