Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasil Survei Charta Politika Sebut Gibran Jadi Beban Elektabilitas Prabowo, Ini Tanggapan Ketua TKN

Kompas.tv - 6 November 2023, 22:13 WIB
hasil-survei-charta-politika-sebut-gibran-jadi-beban-elektabilitas-prabowo-ini-tanggapan-ketua-tkn
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani di Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil survei nasional Charta Politika Indonesia teranyar menunjukkan, Gibran Rakabuming Raka malah menjadi beban untuk elektabilitas bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan, pihaknya akan menampung seluruh masukan dari seluruh lembaga survei. 

"Kita kan kembali lagi saya ingatkan, kita ini peserta, Pak Prabowo, Mas Gibran selalu positif. Semua masukan baik itu masukan yang menyenangkan, yang kurang menyenangkan, semua kita tampung dan itu menjadi masukan dan inputan buat kita," kata Rosan di Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023). 

Baca Juga: Simulasi Head to Head Pilpres Survei Charta Politika: Prabowo-Gibran 43,5 Persen, Ganjar-Mahfud 40,6

Menurut dia, setiap lembaga survei berhak menyampaikan hasil surveinya berdasarkan hasil jajak pendapat yang mereka lakukan.

"Ada orang yang penyampaiannya manis-manis, ada orang yang penyampaiannya sambil marah-marah, ada orang penyampaiannya sampai ngomel-ngomel, tapi intinya mungkin niat mereka semua baik," katanya.

"Jadi dari kami menerima semua masukan apa pun bentuknya dan kami berterima kasih atas semua masukan itu semua," kata Rosan. 

Dilansir Kompas.id, Senin (6/11/2023), survei Charta Politika Indonesia menunjukkan, persaingan elektabilitas bakal capres dan cawapres, Prabowo-Gibran dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, semakin ketat jelang Pilpres 2024. 

Digandengnya Gibran sebagai bakal cawapres disebut justru menjadi ”beban” elektoral bagi Prabowo. Pasalnya, mayoritas publik melihat keputusan menjadikan putra Presiden Joko Widodo itu sebagai bakal cawapres cukup kontroversial.

Berdasarkan survei Charta Politika yang dirilis Senin, dalam simulasi tiga pasang capres-cawapres, Ganjar-Mahfud mendapat elektabilitas tertinggi, yakni 36,8 persen, disusul Prabowo-Gibran (34,7 persen), dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (24,3 persen). 



Sumber : Kompas TV, Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x