Kompas TV nasional rumah pemilu

Simulasi Head to Head Pilpres Survei Charta Politika: Prabowo-Gibran 43,5 Persen, Ganjar-Mahfud 40,6

Kompas.tv - 6 November 2023, 17:30 WIB
simulasi-head-to-head-pilpres-survei-charta-politika-prabowo-gibran-43-5-persen-ganjar-mahfud-40-6
Kolase Capres-Cawapres RI 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Charta Politika Indonesia merilis hasil survei Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Survei kali ini salah satunya melakukan simulasi head to head antara masing-masing pasangan bakal calon presiden-wakil presiden yang diisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 50,3 persen dalam simulasi head to head dengan pasangan Anies-Muhaimin.

Dalam simulasi dua pasang calon atau head to head antara Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin, pasangan yang diusung Koalisi Perubahan tersebut memperoleh elektabilitas 29 persen.

Sementara, dalam simulasi head to head antara pasangan Prabowo-Gibran vs Ganjar-Mahfud, pasangan usungan Koalisi Indonesia Maju tersebut meraih elektabilitas 43,5 persen dan Ganjar-Mahfud 40,6 persen.

Baca Juga: Cak Imin Klaim Bisa Menang 1 Putaran di Pilpres 2024: Survei Kami Terbaru, Masih Rahasia

Sementara, jika disimulasikan dua pasang antara Ganjar-Mahfud vs Anies-Muhaimin, pasangan kandidat usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) meraih elektabilitas 45,5 persen dan Anies-Muhaimin 34,4 persen.

Survei tersebut dilaksanakan pada 26-31 Oktober dengan melakukan wawancara kepada 2.400 orang responden dari 38 provinsi se-Indonesia. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,0 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers, Senin (6/11/2023), mengatakan hail survei menunjukkan, elektabilitas Ganjar-Mahfud bersaing ketat dengan pasangan Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Survei SMRC Sebut Kalangan Milenial dan Gen-Z Lebih Suka Mahfud MD Dibanding Gibran dan Muhaimin

"(Elektabilitas) tidak terlalu jauh berbeda, Ganjar-Mahfud ada di angka 36,8 persen, Prabowo Subianto-Gibran di angka 34,7 persen," kata Yunarto, dikutip dari Kompas.com.

Selisih 2,1 persen antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran itu berada sedikit di atas margin of error 2 persen pada survei ini.

Sementara, berdasarkan hasil survei yang sama menunjukkan elektabiltias pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di angka 24,3 persen.

Sisanya, sebanyak 4,3 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x