Kompas TV nasional humaniora

BMKG Prediksi Hujan Bakal Guyur Jakarta dan Sejumlah Kota Hari Ini, Berikut Detailnya

Kompas.tv - 14 Oktober 2023, 09:02 WIB
bmkg-prediksi-hujan-bakal-guyur-jakarta-dan-sejumlah-kota-hari-ini-berikut-detailnya
Ilustrasi Hujan (Sumber: Fidel Ali)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan bakal mengguyur sejumlah kota di Indonesia pada hari ini, Sabtu (14/10/2023).

Prakirawan BMKG Cici Sucianingsih mengatakan, di Pulau Jawa, hujan ringan diprediksi turun di Jakarta, Semarang, dan Bandung.

“Di Pulau Jawa, hujan ringan diprediksi turun di Jakarta, Semarang, dan Bandung. Adapun cuaca berawan hingga cerah berpotensi terjadi di Serang, Yogyakarta, dan Surabaya,” tuturnya, dikutip dari Instagram @infobmkg.

Di Pulau Sumatera, cuaca berawan hingga cerah berawan diprediksi menyelimuti langit Kota Tanjung Pinang, Bengkulu, Pangkal Pinang, Bandar Lampung. Kemudian, asap ada di Jambi dan Palembang.

Baca Juga: Musim Kemarau Tak Berhenti Serempak, BMKG Imbau Masyarakat Hemat Air

Sedangkan, hujan ringan hingga sedang berpotensi mengguyur daratan di Banda Aceh, Medan. Lalu, hujan yang disertai kilat maupun petir diprediksi terjadi di Pekanbaru dan Padang.

Di Bandar Lampung dan Pangkalpinang, cuaca diprediksi akan cerah, sedangkan di Bengkulu, BMKG memprediksi cuaca akan berawan.

BMK juga memrediksi cuaca berawan akan terjadi di daerah Denpasar, lalu hujan ringan di Mataram, dan cerah terjadi di Kupang.

Sedangkan di Pulau Kalimantan, cuaca berkabut terpantau di wilayah Pontianak, hujan ringan berpotensi turun di Tanjung Selor, Samarinda, Banjarmasin.

“Waspadai cuaca berasap untuk Anda yang berada di wilayah Palangka Raya.”

Di Pulau Sulawesi, cuaca cerah berawan diprediksi terjadi di Gorontalo, cuaca berawan untuk Manado, Kendari, dan Makassar.

Hujan ringan hingga deras mengguyur Palu dan Mamuju.

Sebagian kota besar hari ini diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dengan suhu udara antara 17 sampai 37 derajat Celcius dan kelembapan 40 sampai 100 persen.

"Terpantau prediksi angin di lapisan permukaan wilayah Indonesia sebagian besar masih bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5 sampai 50 kilometer per jam," kata dia dalam penjelasannya.

Di Pulau Jawa, hujan ringan diprediksi turun di Jakarta, Semarang, dan Bandung. Adapun cuaca berawan hingga cerah berpotensi terjadi di Serang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Baca Juga: Catat Waktunya, BMKG Prediksi Sinar UV Tinggi dan Ekstrem di Indonesia pada 12 Oktober 2023

Di wilayah timur Indonesia, BMKG memprediksi  hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir ada di Ternate, Manokwari, dan Ambon. Langit berawan tebal berpotensi menyelimuti Jayapura.


BMKG juga menyebut gelombang laut dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung.

Kemudian, terdapat juga di wilayah Samudera Hindia sebelah selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x