Kompas TV nasional politik

AHY Ungkap Upaya Pembegalan Partai Demokrat oleh Tangan Kekuasaan: Ini Tidak Patut Terjadi

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 21:18 WIB
ahy-ungkap-upaya-pembegalan-partai-demokrat-oleh-tangan-kekuasaan-ini-tidak-patut-terjadi
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi narasumber dalam forum diskusi di Fisipol, Universitas Gadjah Mada, Kamis (20/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)

SLEMAN, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membenarkan ada upaya pembegalan di Partai Demokrat. Pembegalan itu dilakukan oleh tangan kekuasaan.

Hal itu dinyatakan AHY saat jumpa pers di Selasar Barat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (20/7/2023).

"Saya tadi memang mengangkat sebuah case study (studi kasus) yang kebetulan saya dan Partai Demokrat alami sendiri, yaitu adanya upaya pembegalan Partai Demokrat, merampas kedaulatan, yang dilakukan oleh tangan kekuasaan," kata AHY menjawab pertanyaan wartawan.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk "Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia?" yang dihadiri mahasiswa hingga masyarakat umum di Auditorium Fisipol UGM.

AHY pun menegaskan bahwa upaya pembegalan yang terjadi terhadap partai yang dipimpinnya itu tak patut terjadi karena mencederai keadilan.

"Nah ini tidak patut terjadi terhadap siapa pun di negeri kita. Tidak kepada partai politik, tidak kepada organisasi, tidak kepada individu. Karena sejatinya, kita ingin bisa memiliki kehidupan di mana semua merasakan keadilan," terangnya.

Baca Juga: Soal Bakal Cawapres Anies, AHY Sebut Sudah Final Termuat dalam Piagam Koalisi Perubahan

Ia pun menekankan pentingnya meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, tak hanya setiap pemilihan umum (pemilu), namun juga untuk mencegah upaya-upaya pembegalan.

"Pemilu kita bagus setiap lima tahun dijalankan, partisipasinya juga tinggi, tapi kita berharap kualitasnya juga semakin baik dari hari ke hari, termasuk demokrasi kita," tegasnya.

Selain meningkatkan kualitas demokrasi, AHY pun mengajak semua pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau kemudian ada keadilan yang tebang pilih, kemudian ada eksploitasi atau demonstrasi kekuasaan politik yang semena-mena, atau menzalimi secara politik, rasanya bukan itu demokrasi yang ingin kita tuju," jelasnya.

"Di sini lah saya berharap, selain kita tetap serius meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita di berbagai sektor, tapi kita juga ingin demokrasi kita tidak hilang dan tidak pudar begitu saja," imbuhnya.

Baca Juga: AHY Sebut Pertemuan Demokrat-Gerindra Hari Ini sudah Diniatkan Lama: Ingin Dengar dari Partai Lain



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x