Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Bakal Cawapres Anies, AHY Sebut Sudah Final Termuat dalam Piagam Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 19:09 WIB
soal-bakal-cawapres-anies-ahy-sebut-sudah-final-termuat-dalam-piagam-koalisi-perubahan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Selasar Barat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (20/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

SLEMAN, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menegaskan usulan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan sudah final dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Ia menyatakan koalisi yang dibentuk tiga partai politik, yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasional Dmeokrat (Nasdem) itu telah membuat piagam kesepakatan yang salah satunya berisi tentang penentuan bacawapres Anies.

"Sudah kami tanda-tangani yang namanya Piagam Kesepakatan di mana salah satu pasal paling penting adalah menyerahkan kepada capres, Mas Anies Baswedan, untuk menentukan sendiri cawapresnya," tegas AHY di Selasar Barat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (20/7/2023).

Ia menerangkan kandidat bacapres yang dipilih harus memenuhi sejumlah kriteria.

"Kriteria yang dianggap bisa membawakan kemenangan yang lebih tinggi dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti," ujar putra sulung Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Baca Juga: AHY Sebut Pertemuan Demokrat-Gerindra Hari Ini sudah Diniatkan Lama: Ingin Dengar dari Partai Lain

AHY pun mengaku KPP menghindari wacana-wacana terkait usulan nama bacapres Anies yang simpang-siur di tengah masyarakat.

"Jadi itu sudah kami serahkan, sehingga sebetulnya kami menghindari wacana-wacana, terus menjadi liar, ke sana-ke mari, karena kami sangat menghormati pilihan itu, tentu pilihan yang rasional atas dasar tujuan yang baik dan cara-cara yang baik," urainya.

Mengenai waktu pengumuman bacawapres Anies, AHY mengatakan KPP akan menunggu momentum yang tepat.

"Kami ingin menunggu waktu yang tepat, momentum yang tepat. Pada saatnya akan diumumkan oleh (bakal) capres kami," tuturnya.

Baca Juga: AHY soal Pertemuan Demokrat-Gerindra Siang Ini: Saya Selalu Membuka Diri

Senada, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga menyebut bacawapres KPP akan dipilih sendiri oleh Anies Baswedan.

Ia pun mengaku ditanya soal ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat keduanya bertemu di Istana Kepresidenan, Senin (17/7/2023) sore.

"Nah, Pak Jokowi juga tanya, ’Siapa ini wakil presidennya ini?’ Saya bilang, ’Saya belum mikirin itu, yang saya tahu (urusan) Pak Anies itu,'” kata Surya, Selasa (18/7/2023).

“Saya bilang belum memahami, barang kali Pak Anies yang paling tahu (bacawapresnya), ya itu saja kira-kira begitu,” imbuhnya.

Meski begitu, nama AHY juga santer disebut sebagai kandidat bacawapres Anies. Terkait wacana tersebut, ia mengaku ingin berprasangka baik dan siap menerima tugas maupun memenuhi harapan rakyat.

Baca Juga: Dikelilingi Mahasiswa dan Lulusan UGM, AHY Bicara Intimidasi hingga Kecurangan Pemilu

"Saya selalu ingin berprasangka baik, saya ingin selalu mempersiapkan diri dalam apapun tugas dan harapan rakyat, itulah mengapa saya akhirnya mengakhiri pengabdian di TNI dan masuk dalam dunia politik dan kemasyarakatan, karena saya ingin mempersiapkan diri menjadi bagian dari itu," kata AHY, Jumat (14/7/2023).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x