Kompas TV nasional politik

AHY soal Pertemuan Demokrat-Gerindra Siang Ini: Saya Selalu Membuka Diri

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 16:57 WIB
ahy-soal-pertemuan-demokrat-gerindra-siang-ini-saya-selalu-membuka-diri
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Selasar Barat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis (20/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

SLEMAN, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menanggapi pertemuan antara elite partainya dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra di markas Demokrat di Jakarta Pusat, hari ini, Kamis (20/7/2023).

"Saya anggap setiap pertemuan antarpartai politik itu bagus, semangatnya adalah selalu menjalin komunikasi, silaturahmi, dan banyak isu di negeri ini yang bisa dicarikan solusinya jika antarpartai politik di mana pun parpol itu berada, dan kami tentu saling menghormati posisi masing-masing hari ini," kata AHY di Selasar Barat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis.

Ia menekankan Demokrat dan Gerindra memiliki semangat yang baik dan saling menghormati posisi masing-masing.

"Kita tahu Partai Gerindra adalah partai yang besar yang juga memiliki sikap dan posisi politik hari ini, termasuk juga Partai Demokrat juga demikian, yang jelas, semangat seperti ini adalah baik untuk semua," ujarnya.

Baca Juga: Dikelilingi Mahasiswa dan Lulusan UGM, AHY Bicara Intimidasi hingga Kecurangan Pemilu

Putra sulung Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengaku selalu membuka diri dengan berbagai pihak agar bisa membuka ruang komunikasi dan kerja sama.

"Saya selalu membuka diri, termasuk juga kader-kader Demokrat lainnya untuk melakukan komunikasi dan silaturahmi segala arah," tegasnya.

"Yang jelas, kami ingin menjadi contoh buat masyarakat luas bahwa walaupun berbeda dalam pilihan dan posisi politik, selalu terbuka ruang untuk bisa berkomunikasi dan membangun kerja sama," lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani akan memimpin rombongan partainya bertemu petinggi Partai Demokrat pada pukul 14.00 WIB, Kamis.

Herzaky menjelaskan, kegiatan bertajuk silaturahmi kebangsaan Partai Demokrat dan Partai Gerindra ini bertujuan menyongsong gelaran Pemilu 2024. 

Baca Juga: Siang Ini Sekjen Gerindra Bertandang ke Markas Demokrat, Bahas Apa?

"Selanjutnya, kedua parpol langsung menggelar pertemuan tertutup. Setelah pertemuan tertutup, akan ada konferensi pers," ujarnya. 

Menurut dia, pertemuan nanti membahan isu-isu politik terhangat jelang berlangsungnya pesta demokrasi nanti. 

Namun, Herzaky tak menyebut apakah silaturahmi itu juga membahas bakal capres-cawapres atau tidak. 

"Pertemuan ini merupakan silaturahmi kebangsaan antara kedua belah pihak. Membahas isu-isu kebangsaan dan kerakyatan terkini," katanya.

Sementara AHY menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk "Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia?" yang dihadiri mahasiswa hingga masyarakat umum di Auditorium Fisipol UGM, pada pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

Forum ini juga dihadiri politikus Andi Malarangeng dan istrinya, sejumlah kader Partai Demokrat, alumni dan mahasiswa UGM, serta masyarakat umum.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x