Kompas TV nasional humaniora

Cerita Rahmat soal Sapinya yang Dibeli Jokowi: Namanya Mosin, Beratnya 1.020 Kg

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 18:48 WIB
cerita-rahmat-soal-sapinya-yang-dibeli-jokowi-namanya-mosin-beratnya-1-020-kg
Peternak memberi makan Mosin, sapi yang dibeli Presiden Joko Widodo atau Jokowi, di Desa Tandem Hilir, Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (24/6/2023). (Sumber: ANTARA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

MEDAN, KOMPAS.TV - Rahmat, warga Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), bercerita mengenai sapinya yang dibeli oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban pada Idul Adha 1444 H di Sumut.

Mosin, demikian Rahmat memberi nama sapinya, memiliki bobot 1,02 ton atau 1.020 kilogram.

"Berat sapi ditimbang terakhir 1.020 kilogram, sapi ini bernama Mosin karena jenisnya limosin," tuturnya di Medan, Minggu (25/6/2023).

Kata Rahmat, pembelian Mosin oleh Presiden Jokowi, berawal dari adanya utusan Pemerintah Provinsi Sumut yang datang untuk mencari sapi di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. Utusan itu mencari sapi dengan berat satu ton. 

"Kemudian kami menawarkan sapi ini kepada pihak provinsi tersebut. Lalu sapi itu ditimbang, setelah itu diambil darah, air liur dan kotorannya," tuturnya.

15 hari kemudian, kata Rahmat, pihak dari provinsi datang untuk membeli Mosin. Sapi itu pun mendapatkan obat cacing dan vitamin.

Baca Juga: 9 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Iduladha 2023, Jadi Kendaraan di Akhirat & dapat Pahala Berbagi

"Sapi si Mosin dengan berat 1.020 kg ini ditawarkan Rp90 juta, kemudian sapi yang dipesan Presiden Jokowi ini direncanakan akan dikirim Mesjid Agung Medan pada 28 Juni 2023," ucapnya.

Sebelum diserahkan kepada Mesjid Agung Medan, kata Rahmat, Mosin mendapatkan perawatan khusus seperti diberi vitamin dan pakan yang baik.

"Sapi ini diberikan pakan konsentrat yang segar jadi tetap terjaga bobot badan, kemungkinan bisa bertambah berat sapi tersebut menjelang Idul Adha nantinya," ungkapnya, seperti dikutip Antara.

Presiden Jokowi berencana menyalurkan 38 ekor sapi ke setiap provinsi di Indonesia dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk, jadi menjadi 38," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Pantauan Harga Ayam Potong dan Telur di Pasar Tradisional Jelang Iduladha


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x