Kompas TV religi beranda islami

9 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Iduladha 2023, Jadi Kendaraan di Akhirat & dapat Pahala Berbagi

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 10:05 WIB
9-keutamaan-berkurban-di-hari-raya-iduladha-2023-jadi-kendaraan-di-akhirat-dapat-pahala-berbagi
Ilustrasi. Artis Raffi Ahmad membagikan momen ketika dirinya memotong sendiri sapi kurban 2022. Ini keutamaan berkurban di Hari raya Iduladha 2023 (Sumber: Instagram raffinagita1717)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Berkurban di Hari Raya Iduladha merupakan amalan sunah yang dianjurkan dilakukan oleh umat muslim yang mampu. Pasalnya, ibadah ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Diketahui, Kemeterian Agama RI resmi memutuskan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Sementara itu, Muhammadiyah menetapkan Iduladha 2023 jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Pemerintah pun telah resmi mengumumkan bahwa libur Iduladha tahun ini menjadi 3 hari yakni 28, 29, 30 Juni.

Hukum Berkurban

Hukum berkurban di Hari Raya Iduladha bagi yang mampu adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang dilakukan untuk melengkapi dan menyempurnakan kewajiban agama.

Namun, hukum berkurban bisa menjadi wajib apabila seseorang sudah mengucapkan nazar sebelumnya. Hal ini, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya.

“Barang siapa yang memiliki kemampuan, tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami” (HR. Ahmad).

Dalam pandangan Islam orang yang telah mampu tetapi tidak melaksanakan kurban maka dikategorikan orang yang tercela bahkan sangat dibenci oleh Rasululah Saw. sebagaimana firman Allah SWT:

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah, Sesungguhnya orang- orang yang membenci kamu dialah yang terputus.” (QS. Al-Kautsar [108]: 1-3).

Baca Juga: Apakah Orang yang akan Berkurban saat Iduladha Harus Berpuasa Tarwiyah dan Arafah?

Keutamaan Berkurban Iduladha 2023

1. Mengajarkan sifat ikhlas

Sebagaimana asal usul berkurban yang berasal dari peristiwa Nabi Ibrahim yang diminta oleh Allah SWT untuk mengorbankan Nabi Ismail, maka berkurban untuk umat islam juga untuk mengajarkan keikhlasan.

Berkurban mengajarkan bagaimana umat islam belajar ikhlas dengan mengorbankan sebagian harta yang sudah didapat secara halal.

2. Membagikan manfaat kepada orang lain

Ibadah berkurban juga memiliki keutamaan untuk menyebarkan kebaikan dan manfaat pada orang lain.

Daging-daging yang dibagikan tentu akan bernilai kebaikan dan manfaat pada orang lain yang membutuhkan. Sehingga ibadah ini memiliki nilai sosial, bukan hanya untuk individu semata.


3. Menghindarkan dosa menahan harta

Keutamaan dari berkurban juga menghindarkan dari dosa menahan harta. Harta tidak kita tahan dan kita keluarkan dengan berupa hewan kurban yang dibagikan pada mereka yang kurang mampu.

4. Amalan yang paling dicintai Allah SWT

Berkurban di Hari Raya Iduladha adalah salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Tarmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x