Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Ganjar Populer di Pemilih Perempuan, Prabowo di Laki-laki

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 07:51 WIB
survei-litbang-kompas-ganjar-populer-di-pemilih-perempuan-prabowo-di-laki-laki
Jokowi bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Panen Raya Kebumen, soal dua di Pilpres 2024, Gerindra ogah hanya jadi wakil (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo terekam lebih memiliki keunggulan di kalangan perempuan dibandingkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Hal itu terpantau dalam survei Litbang Kompas pada Mei 2023. Namun, elektabilitas secara umum Prabowo unggul di posisi 24,5 persen, diikuti Ganjar 22,8 persen, dan Anies Baswedan 13,6 persen.

Dikutip dari Kompas.id, Kamis (25/5/2023), elektabilitas Ganjar di kalangan pemilih perempuan relatif masih bisa bertahan berada di posisi teratas dibandingkan Prabowo dan Anies. 

Baca Juga: Prabowo Teratas versi Survei Litbang Kompas, Gerindra: Sosok Ideal Penerus Jokowi

Meskipun demikian, jika melihat tren survei Januari 2023 dan Mei 2023 ini, elektabilitas Ganjar di kalangan pemilih perempuan semakin tipis jaraknya dengan elektabilitas Prabowo.

Potensi keterpilihan Prabowo yang juga Menteri Pertahanan ini meningkat empat persen, dari sebelumnya 15 persen (Januari 2023) menjadi 19 persen (Mei 2023), sehingga hanya selisih 1,8 persen dengan Ganjar. 

Padahal pada survei Januari 2023 masih terpaut cukup lebar di 6,1 persen.

Demikian juga dengan elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kalangan pemilih perempuan yang meningkat 2,5 persen menjadi 15 persen pada survei Mei 2023. 

Dinamika politik yang terjadi dalam empat bulan terakhir turut memengaruhi pergeseran potensi keterpilihan capres dalam kelompok pemilih perempuan.

Paling tidak, sebanyak 29,7 persen pemilih loyal perempuan pada Ganjar membuat posisi elektabitasnya tetap teratas, meski sempat muncul pro kontra terkait penolakan tim sepak bola Israel hingga berujung gagalnya penyelenggaran Piala Dunia U-20 di negeri ini.

Jika di survei Mei 2023 ini pamor Ganjar relatif bertahan di kelompok responden perempuan, tidak halnya pada kelompok responden laki-laki.

Di kelompok ini, yang sebelumnya di survei Januari 2023 Ganjar lebih populer karena sebanyak 29,4 persen responden laki-laki lebih memilih Ganjar sebagai bakal capres.

Pada survei Mei 2023, kelompok responden laki-laki bergeser lebih banyak memilih Prabowo.

Tidak heran jika kemudian ada lonjakan dukungan yang cukup signifikan dari kelompok responden laki-laki ini terhadap sosok Prabowo. 

Baca Juga: Prabowo Kembali ke Puncak Lampaui Ganjar, Begini Hasil Survei Litbang Kompas

Jika di survei Januari hanya tercatat 21,2 persen pemilih laki-laki yang memilih Prabowo, di survei Mei angkanya menjadi 30,1 persen. Artinya, ada kenaikan hampir 10 persen terhadap elektoral mantan Danjen Kopasus ini.

Jika antara Ganjar dan Prabowo terjadi pergantian posisi, Ganjar yang sebelumnya menguasai dominasi pemilih laki-laki dan perempuan yang kemudian digantikan posisinya oleh Prabowo di kalangan pemilih laki-laki, dan ditempel ketat di pemilih perempuan, hal berbeda terjadi pada Anies.

Anies, yang diusung koalisi Perubahan untuk Persatuan ini cenderung menurun di kalangan pemilih laki-laki, tapi di kalangan pemilih perempuan, dukungannya meningkat atau sama dengan yang dialami oleh Prabowo.




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x