Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Teratas versi Survei Litbang Kompas, Gerindra: Sosok Ideal Penerus Jokowi

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 19:39 WIB
prabowo-teratas-versi-survei-litbang-kompas-gerindra-sosok-ideal-penerus-jokowi
Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan keluarga bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: Dok. Agus Suparto via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Gerindra menyambut positif hasil survei Litbang Kompas terkait elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang tinggi dan teratas.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menilai elektabilitas Prabowo naik lantaran faktor kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan begitu, kata Habiburokhman, publik menilai bahwa Prabowo adalah sosok ideal penerus Jokowi.

"Sehingga publik menganggap Pak Prabowo adalah sosok ideal penerus Jokowi karena paham betul permasalahan yang dihadapi Pak Jokowi saat ini," kata Habiburokhman, dikutip dari Tribunnews, Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut, Habiburokhman menegaskan, pihaknya akan terus berusaha untuk menjaga tren kenaikan elektabilitas Prabowo ini.

"Supaya trend elektabilitas Pak Prabowo terus naik, maka kami akan terus maksimalkan kinerja Pak Prabowo sebagai Menhan dan kinerja para anggota legislatif," imbuhnya.

Habiburokhman mengaku, atas capaian tersebut pihaknya tak mau jumawa, sesuai yang dipesankan oleh Prabowo.

"Kami mensyukuri hasil survei Litbang Kompas tersebut, tapi Pak Prabowo mengingatkan kami tidak boleh jumawa atau menjadi sombong," ucal Habiburokhman.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Litbang Kompas kembali merilis survei elektabilitas bakal calon presiden atau bacapres menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Kembali Rilis Elektabilitas Parpol Pengusung Ganjar, Prabowo, Anies.

Dalam survei yang dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023 itu, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih di urutan teratas dengan elektabilitas 24,5 persen.

Angka tersebut naik 6,4 persen dibandingkan survei yang sama yang dilakukan pada Januari 2023.  

Kemudian di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 22,8 persen, dan disusul mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 13,6 persen di urutan ketiga dengan margin of error survei lebih kurang 2,83 persen.

Elektabilitas capres di posisi keempat dihuni oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan raihan 5,8 persen yang disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang memperoleh elektabilitas 1,9 persen.

Lalu di posisi kelima diduduki oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendapatkan elektabilitas 1,2 persen.

Diketahui terdapat 1.049 responden yang memberikan pilihan pada simulasi 3 nama capres yang dilakukan Litbang Kompas pada 29 April - 10 Mei 2023. 

Baca Juga: 14,5 Persen Responden Survei Litbang Kompas Pilih Ganjar sebagai Wakil Prabowo



Sumber : Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x