Kompas TV nasional hukum

Dody Prawiranegara Ternyata Suruh Asistennya Pura-pura Jadi Dirinya saat Antarkan Sabu ke Linda Cepu

Kompas.tv - 12 April 2023, 12:55 WIB
dody-prawiranegara-ternyata-suruh-asistennya-pura-pura-jadi-dirinya-saat-antarkan-sabu-ke-linda-cepu
Terdakwa kasus narkoba yang menyeret jenderal polisi Teddy Minahasa, Linda Pujiastuti dan Dody Prawiranegara, saat sidang di PN Jakarta Barat, Rabu (8/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia Intan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara ternyata menyuruh asistennya, Syamsul Maarif, untuk berpura-pura menjadi dirinya saat menemui Linda Pudjiastuti atau Anita Cepu untuk menyerahkan sabu-sabu milik Irjen Teddy Minahasa.

Demikian fakta tersebut terungkap dalam sidang lanjutan dengan agenda replik atau tanggapan jaksa penuntut umum atau JPU atas pembelaan yang disampaikan Dody Prawiranegara, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Jaksa Beberkan ‘Dosa-dosa’ Dody Prawiranegara, Minta Hakim Tolak Pembelaan Terdakwa

Awalnya, jaksa membeberkan peran yang dilakukan AKBP Dody Prawiranegara dalam kasus peredaran narkoba jenis sabu milik mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa itu. 

Jaksa mengatakan bahwa Dody Prawiranegara merupakan orang yang diminta oleh Teddy Minahasa untuk berkomunikasi dengan orang kepercayaan atasannya itu bernama Linda Pudjiastuti di Jakarta.

Setelah itu, terdakwa Dody yang menyanggupi permintaan Teddy Minahasa itu kemudian meminta asistennya Syamsul Maarif untuk menemaninya mengantarkan sabu dari Padang ke Jakarta melalui jalur darat. 

Sesampainya di Jakarta, Dody kemudian menyuruh Saymsul Maarif menemui Linda Pudjiastuti untuk menyerahkan barang haram tersebut.

“Dody menyuruh Syamsul Maarif untuk berpura-pura menjadi dirinya untuk menemui Linda Pudjiastuti dan menyerahkan narkotika jenis sabu tersebut untuk kemudian dijual melalui saksi Kasranto,” kata Jaksa dalam persidangan.

Baca Juga: Dody Prawiranegara Mengaku Kecewa Bongkar Kasus Sabu Teddy Minahasa, tapi Tidak Dihargai

Adapun Dody menyuruh Syamsul Maarif untuk berpura-pura menjadi dirinya saat menemui Linda karena mantan Kapolres Bukittinggi itu akan pulang ke rumahnya yang berada di Depok, Jawa Barat.

Sabu yang semula ditaruh di mobil Suzuki Jimny warna kuning yang dikendarai Dody Prawiranegara saat perjalanan dari Padang menuju Jakarta, kemudian dipindahkan ke mobil Toyota Sienta milik saksi Syamsul Maarif yang dikendarai oleh saksi Imron.

Pemindahan sabu dari mobil Dody Prawiranegara ke mobil Syamsul Maarif itu terjadi saat mereka berhenti sejenak di rest area Karang Tengah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x