Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan dan Airlangga Hartarto Ketemuan, Pengamat: Koalisi PDIP dan Golkar Terbuka Lebar

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 17:54 WIB
puan-dan-airlangga-hartarto-ketemuan-pengamat-koalisi-pdip-dan-golkar-terbuka-lebar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membukakan pintu mobil listrik untuk Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Puan Maharani dan menyetir mobil itu. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10/2022).

Rencana pertemuan Puan dan Airlangga telah jauh-jauh hari diumumkan. Pengamat komunikasi politik UGM, Nyarwi Ahmad, memberikan analisisnya soal pertemuan Puan dan Airlangga. 

Menurut Nyarwi, pertemuan dua politikus ini merupakan langkah yang baik untuk memperkuat konsolidasi dua partai, yakni PDIP dan Golkar.

Baca Juga: Pengamat: AHY Berpeluang Jadi Cawapres Anies, tapi...

Pasalnya, baik Puan maupun Airlangga, keduanya dinilai memiliki rekam jejak atau track record yang cukup menonjol di kalangan pimpinan partai politik Indonesia.

Keduanya sama-sama memiliki pengalaman dalam mengelola pemerintahan sebagai menteri koordinator. Keduanya juga pernah berkecimpung di DPR RI.

“Pengalaman mengelola dua lembaga politik ini saya kira bisa menjadi modal kuat bagi Mbak Puan dan Pak Airlangga mendiskusikan ide-ide besar,” kata Nyarwi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Jumat (7/10/2022).

“Pertemuan keduanya bisa membuka jalan lebar koalisi antara PDIP dan Golkar menuju Pilpres 2024 mendatang."

Lebih lanjut, pertemuan Puan dan Airlangga dinilai bisa menarik gerbong Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dipimpin oleh Golkar untuk menjalin blok koalisi politik yang lebih besar dengan PDIP.

Pasalnya, dua partai yang ada di KIB, yakni PAN dan PPP, juga memiliki pengalaman sebagai partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x