Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Tolak Usulan Poligami Tekan Angka HIV/AIDS di Bandung: Pendapat Pribadi Pak Wagub

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 11:13 WIB
ridwan-kamil-tolak-usulan-poligami-tekan-angka-hiv-aids-di-bandung-pendapat-pribadi-pak-wagub
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Sumber: Dok. Humas Pemda Jabar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tidak sepakat dengan Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, tentang usulan para suami diperbolehkan poligami. Usulan poligami tersebut menurut Wagub untuk menekan angka penderita HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga, khususnya di Bandung, Jawa Barat. 

Ridwan Kamil atau Emil menegaskan pernyatan Uu merupakan pendapat pribadi yang bersangkutan.

Emil pun tidak sependapat dengan usulan tersebut. 

"Pendapat pribadi Pak Wagub Uu Ruzhanul Ulum terkait poligami sebagai solusi, saya pribadi tidak sependapat," kata Emil di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Selasa (30/8/2022).

Emil lantas menjelaskan Pemprov Jabar fokus pada kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dalam penanggulangan HIV/AIDS dan IMS (infeksi menular seksual) di Jawa Barat.


 

Mulai dari melakukan skrining dini Tes HIV pada Populasi Kunci, Ibu Hamil Pasien TB, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di layanan maupun secara mobile hingga perluasan layanan Konseling tes HIV, Layanan Perawatan Dukungan dan Pengobatan.

Tak hanya itu, lewat unggahannya, Emil juga mengoreksi pemberitaan di media massa terkait kasus HIV di Kota Bandung.

Ia mengatakan 414 Kasus HIV di kalangan mahasiswa Kota Bandung adalah akumulasi data selama 30 tahun yaitu sejak 1991-2021, bukan data dalam satu tahun.

Baca Juga: Sempat Izinkan, Kini PKS Batalkan Anjuran Kader untuk Poligami

Baca Juga: Prestasi Persib Jeblok di Liga 1, Ridwan Kamil Buka Suara: seperti Malam Gelap

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhaul Ulum menanggapi fenomena peningkatan kasus HIV/AIDS yang mencuat baru-baru ini di Bandung, Jawa Barat.

Diketahui, tingginya kasus positif HIV/AIDS ini banyak diderita oleh ibu rumah tangga (IRT) dan anak muda.

Uu pun menyarankan, solusi untuk mencegah suami berhubungan seks dengan PSK yakni dengan poligami.

Menurutnya, dalam aturan agama memberikan lampu hijau terkait poligami asalkan bisa bersikap adil.

"Daripada seolah-olah dia (suami) tidak suka begitu, tapi akhirnya kena (HIV/AIDS) ke istrinya sendiri, toh agama juga memberikan lampu hijau asal siap adil kenapa tidak?" kata Wagub Jabar dilansir dari Kompas.com Selasa (30/8/2022).

"Makanya daripada ibu kena (HIV/ AIDS) sementara ketahuan suami seperti itu mendingan diberikan keleluasaan untuk poligami," ujarnya. 

Sebab, kata Uu, terbukti bahwa perzinahan membawa banyak mudarat, mulai dari penyakit kelamin menular, hingga paling parah terjangkit penyakit HIV/AIDS.

"Sekarang kan sedang viral di Bandung ternyata ibu-ibu banyak yang kena HIV/AIDS. Kedua, anak- anak muda banyak juga yang kena," kata Uu.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x