Kompas TV nasional politik

PDIP Tegaskan Tak Akan Berkoalisi dengan PKS

Kompas.tv - 23 Juni 2022, 10:54 WIB
pdip-tegaskan-tak-akan-berkoalisi-dengan-pks
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS. TV – Sejumlah partai politik mulai menjajaki koalisi jelang Pemilihan Umum 2024. Pertemuan-pertemuan para elit dan komunikasi politik yang intens mulai dibangun.

Pertemuan, misalnya,  terjadi antara pimpinan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Nasional Demokrat untuk menjajaki kerjasama mendatang. Partai Nasional Demokrat juga hari ini bertemu dengan Partai Demokrat.

Lantas bagaimana posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai pemenang Pemilu 2019, terkait penjajakan koalisi ini.

Baca Juga: Ditanya Bahas Soal Anies saat Bertemu Surya Paloh, Ini Jawaban Presiden PKS

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan partainya tidak akan berkoalisi dengan PKS.

“Ya kalau dengan PKS tidak,” ujar Hasto Kristiyanto.

Demikian ujar Hasto saat ditanya apakah ada kemungkinan koalisi dengan PKS di sela-sela Rakenras II PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Gaet Pemilih Milenial di Pemilu 2024, Politikus PDIP Ingatkan Kader untuk Aktif di Medsos

Namun Hasto tetap mengapresiasi terbentuknya kerja sama antar dua parpol PKS dan NasDem tersebut. Tak hanya itu, PDIP juga menyampaikan ucapan selamat untuk NasDem dan PKS.

"Ya itu bagus sekali ada partai yang secara dini membangun koalisi antara Nasdem dengan PKS. PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas koalisi Nasdem dan PKS tersebut," kata Hasto.

Hasto pun mengatakan, bahwa PDIP tidak masuk ke dalam pusaran koalisi yang kini coba dibangun oleh parpol. Namun, kata Hasto, PDIP memiliki keyakinan bahwa jalan yang harus ditempuh saat ini adalah turun ke bawah dan menyerap aspirasi masyarakat.

Baca Juga: Setelah PKS, Besok Giliran Partai Demokrat Lagi yang Diundang Surya Paloh ke Markas Partai Nasdem

Terkhusus, membantu masyarakat dalam memulihkan kondisi akibat dampak pandemi.

"Tetapi bagi PDI perjuangan keyakinan yang kami tempuh adalah turun ke bawah ke desa-desa menyerap aspirasi masyarakat desa, membantu memulihkan dari dampak pandemi (Covid) 19," ucap Hasto.

Sebelumnya, Partai Nasdem dan PKS melangsungkan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta pada Rabu (22/6/2022).

Terdapat sejumlah hasil dari pertemuan kedua partai. Salah satu hasil pertemuan tersebut ialah menyepakati persiapan kerja sama antara PKS dan Nasdem untuk Pilpres 2024. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate.

“Menyepakati persiapan kerjasama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” kata Johnny dalam konferensi pers usai pertemuan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x