Kompas TV nasional politik

Setelah PKS, Besok Giliran Partai Demokrat Lagi yang Diundang Surya Paloh ke Markas Partai Nasdem

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 20:34 WIB
setelah-pks-besok-giliran-partai-demokrat-lagi-yang-diundang-surya-paloh-ke-markas-partai-nasdem
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kiri) bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan keterangan pers terkait hasil pertemuan keduanya di Gedung DPP Partai Nasdem, Rabu (22/6/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berencana mengundang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke gedung DPP Nasdem, Kamis (23/6/2022).

Pertemuan ini menjadi agenda lanjutan Nasdem dalam membangun kerja sama untuk agenda Pemilu 2024.

Surya Paloh mengaku, rencana pertemuan dengan pihak Partai Demokrat sebagai langkah awal menyamakan pandangan dan pikiran dalam mempersiapkan agenda Pemilu 2024.

Baca Juga: Ini 3 Kesepakatan PKS dan Nasdem Jelang Pilpres 2024

Saat ini Nasdem mulai membangun poros baru setelah Partai Gerindra telah merapatkan diri ke PKB untuk membangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.


Sedangkan Partai Golkar, PAN dan PPP menjadi kelompok yang mendeklarasikan kerja sama dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu. 

"Kemungkinan Partai Demokrat juga akan berkunjung esok hari ke mari," ujar Surya Paloh di gedung DPP Partai Nasdem, Rabu (22/6/2022). 

Rencana pertemuan Surya Paloh dengan AHY dibenarkan oleh DPP Partai Demokrat.

Baca Juga: Sinyal Koalisi Nasdem-PKS Mulai Kencang, Surya Paloh Sebut Sudah Ada Modal Awal untuk Bersama

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan, AHY dijadwalkan akan bertemu Surya Paloh pada Kamis (23/6/2022).

"Bahwa besok akan ada pertemuan NasDem dan Demokrat, kami sampaikan benar, rencananya demikian," ujar Herzaky melalui keterangan tertulis, Rabu (22/6/2022).

Jika agenda AHY dengan Surya Paloh terjadi, maka pertemuan tersebut adalah yang kali kedua. 

Sebelumnya, AHY pernah datang ke markas Partai Nasdem pada Selasa (29/5/2022) dan dilanjutkan dengan pertemuan Surya Paloh dengan Ketua Mejelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Singgung Soal Dukungan Anies Baswedan di Pertemuan Nasdem-PKS, Surya Paloh: Kita Masih Menjajaki

Sejauh ini sudah empat ketua umum partai yang berkunjung ke DPP Partai Nasdem.

Mereka adalah Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Dari empat pemimpin partai tersebut, baru kepada PKS Nasdem mengaku mulai melakukan penjajakan serius untuk membentuk koalisi di Pilpres 2024.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x