Kompas TV nasional hukum

TNI AL Periksa Benda Asing Mirip Rudal yang Ditemukan Nelayan di Perairan Selayar

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 02:05 WIB
tni-al-periksa-benda-asing-mirip-rudal-yang-ditemukan-nelayan-di-perairan-selayar
Benda asing mirip rudal yang ditemukan nelayan di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan merupakan side scan sonar (SSS) yang berfungsi sebagai alat survei bawah air untuk meneliti dan merekam kondisi di bawah permukaan laut. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAKASSAR, KOMPAS.TV - TNI AL melakukan pemeriksaan terhadap benda asing mirip rudal yang ditemukan nelayan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

Pemeriksaan ini karena benda asing mirip rudal tersebut bukan milik TNI AL.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar, Laksma TNI Dr Benny Sukandari menjelaskan benda mirip rudal tersebut merupakan side scan sonar (SSS) yang berfungsi sebagai alat survei bawah air untuk meneliti dan merekam kondisi di bawah permukaan laut.

Alat tersebut dirancang khusus untuk mendeteksi kehidupan di bawah permukaan laut. Mulai dari perikanan, sesmik, permukaan dasar laut, salinitas, suhu, arus hingga pasang surut air laut termasuk sumber daya alam.

Baca Juga: Bukan Rudal, Ini Penjelasan TNI AL Soal Temuan Nelayan di Perairan Selayar

Menurut Benny data-data tersebut sangat krusial dan penting bagi militer, di antaranya untuk kepentingan operasionalisasi kapal selam.

"Semua data-data itu bisa diambil dari alat ini," ujar Benny saat jumpa pers di KRI Fatahillah-361, Sabtu (19/2/2022).

Benny menambahkan alat survei bawah air ini sering ditemukan nelayan di kawasan perairan Selayar yang merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. 

Baca Juga: KSAL Yudo Margono Tegaskan Tak Ada Ribuan Kapal Asing di Laut Natuna: KRI dan Pesawat Kita Standby



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x