Kompas TV nasional peristiwa

KSAL Yudo Margono Tegaskan Tak Ada Ribuan Kapal Asing di Laut Natuna: KRI dan Pesawat Kita Standby

Kamis, 23 September 2021 | 23:04 WIB
ksal-yudo-margono-tegaskan-tak-ada-ribuan-kapal-asing-di-laut-natuna-kri-dan-pesawat-kita-standby
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi pasukan saat Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut Tahun 2020 di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020). Apel pasukan tersebut digelar untuk memeriksa kesiapansiagaan prajurit maupun alutsista TNI Angkatan Laut guna menyambut tugas-tugas ke depan. - (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan tidak ada ribuan kapal asing yang hilir mudik di perairan Laut Natuna Utara.

Ia sudah merintahkan Panglima Koarmada I untuk meninjau langsung perairan tersebut, sekaligus melaksanakan patroli udara maritim untuk melihat situasi dan kondisi di sana.

Baca Juga: Cegah Potensi Konflik, Laut Natuna Utara Dijaga TNI Satuan Terintegrasi

Hasilnya, kata Yudo, tidak ditemukan adanya ribuan kapal ikan asing di sana.

Selain itu, Yudo mengatakan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga sudah memerintahkan Pangkogabwilhan I untuk melaksanakan patroli di sana. Hasilnya pun nihil.

"Saya tegaskan lagi bahwa tidak ada ribuan kapal ikan yang kemarin diisukan itu," kata Yudo di KRI Semarang-594 pada Kamis (23/9/2021), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

"Ini supaya tidak menjadi pertanyaan terus, tidak menjadi polemik, tidak menjadi keresahan kita semuanya. Unsur-unsur KRI kita, pesawat kita sudah standby di sana terus menerus."

Baca Juga: Minim Alutsista untuk Amankan Laut Natuna Utara: Butuh 8 KRI, TNI AL Hanya Punya 5 Kapal Perang

Yudo menambahkan, sejak dirinya menjabat Pangkogabwilhan I, TNI AL sudah menyiagakan lima KRI di Laut Natuna Utara.

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah sebelumnya sudah melakukan patroli udara guna memastikan kehadiran unsur TNI AL di Laut Natuna Utara pada Jumat (17/9/2021).

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19