Kompas TV nasional kesehatan

Kapan Pasien Omicron Dinyatakan Selesai Isolasi Mandiri atau Sembuh?

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 06:10 WIB
kapan-pasien-omicron-dinyatakan-selesai-isolasi-mandiri-atau-sembuh
Ilustrasi. Berikut kriteria pasien Covid-19 Omicron dinyatakan selesai isoman atau sembuh. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah mengimbau kepada pasien Covid-19 varian Omicron yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) untuk melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah masing-masing.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah memberikan panduan kriteria sembuh atau selesai isoman bagi pasien positif Omicron.

Panduan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang diteken Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 17 Januari 2022.

Kriteria pasien Covid-19 Omicron dinyatakan selesai isoman atau sembuh

1. Pada kasus konfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala (asimptomatik), isolasi dilakukan selama minimal 10 (sepuluh) hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

2. Pada kasus konfirmasi Covid-19 dengan gejala, isolasi dilakukan selama 10 (sepuluh) hari sejak muncul gejala ditambah dengan sekurang-kurangnya 3 (tiga) hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

Baca Juga: Mulai Pekan Ini, Kemenkes Perluas Telemedicine Pasien Isoman Covid-19 ke Luar Jawa-Bali

Dengan demikian untuk kasus-kasus yang mengalami gejala selama 10 (sepuluh) hari atau kurang harus menjalani isolasi selama 13 (tiga belas) hari.

Dalam hal masih terdapat gejala setelah hari ke 10 (sepuluh), maka isolasi mandiri masih tetap dilanjutkan sampai dengan hilangnya gejala tersebut ditambah 3 (tiga) hari.

3. Pada kasus konfirmasi Covid-19 yang sudah mengalami perbaikan klinis pada saat isoman/isoter dapat dilakukan pemeriksaan NAAT termasuk pemeriksaan RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 dengan selang waktu pemeriksaan 24 jam.

Jika hasil negatif atau Ct>35 2 kali berturut-turut, maka dapat dinyatakan selesai isolasi/sembuh. Pembiayaan untuk pemeriksaan ini dilakukan secara mandiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x