Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Shin Tae-Yong Bakal Beri Kejutan Formasi

Kompas.tv - 29 April 2024, 18:45 WIB
timnas-indonesia-u23-vs-uzbekistan-shin-tae-yong-bakal-beri-kejutan-formasi
Timnas Indonesia U23 saat mengalahkan Australia 1-0 di Grup A Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong disebut akan memberikan kejutan untuk formasi yang dimainkan lawan Uzbekistan.

Timnas Indonesia U23 akan menghadapi Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024).

Hasil ini sangat penting bagi Timnas Indonesia U23 untuk memastikan tempat ke Olimpiade 2024.

Baca Juga: Dukungan WNI di Qatar ke Timnas Indonesia U23: Tiket Sold Out hingga Diwarnai Baju Daerah

Manajer Timnas Indonesia U23, Sumardji mengungkapkan Shin Tae-yong telah menyiapkan formasi yang akan mengejutkan Uzbekistan.

“Berkaitan soal formasi itu adalah bagian penting dari strategi, dan Shin Tae-yong ini selalu memberikan kejutan-kejutan, yang lawan tak bisa mengerti dan tak begitu paham,” ujarnya di Kompas Petang, Senin (29/4).

Meski begitu, Sumardji menegaskan ia tak akan menyampaikan formasi apa yang bakal digunakan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Agar strategi itu tak bisa dibaca oleh lawan, yang terpenting akan dipersiapkan strategi paling bagus, sehingga akan mudah dan bisa dijalankan oleh pemain,” tambahnya.

Sumardji juga berbicara mengenai Rafael Struick yang tak akan bisa dimainkan melawan Uzbekistan karena akumulasi kartu kuning.

“Ada atau tidaknya Rafael, pelatih sudah mempersiapkan sebaik-baiknya, dan tentu nanti dengan strategi yang ada siapa yang akan diturunkan,” katanya.

“Dan berkaitan dengan pengganti Rafael, semua sudah dipersiapkan dengan baik, dan akan digantikan oleh pemain yang memang benar-benar sudah siap secara mental dan fisik,” tambah sosok yang juga merupakan Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC itu.

Timnas Indonesia U23 sendiri menjadi tim kejutan dengan keberhasilan melaju hingga ke semifinal Piala Asia U23 2024.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Wajib Waspadai Pemain Uzbekistan Ini: Ikut Kalahkan Garuda Muda di Asian Games

Setelah sempat takluk dari tuan rumah Qatar 0-2 di laga pertama Grup A, Garuda Muda langsung menggebrak di dua laga tersisa fase grup.

Timmnas Indonesia U23 sukses mengalahkan Australia 1-0, dan Yordania 4-1.

Di perempat final, Marselino Ferdinan dkk sukses menundukkan salah satu favorit juara Korea Selatan lewat adu penalti 11-10, setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal dan babak tambahan.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x