Kompas TV nasional peristiwa

Lukisan Laut Pacitan karya SBY Diedit Jadi Pesawat Kepresidenan, Kominfo Beri Penjelasan

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 14:07 WIB
lukisan-laut-pacitan-karya-sby-diedit-jadi-pesawat-kepresidenan-kominfo-beri-penjelasan
Foto SBY sedang memamerkan lukisan yang sudah diedit (Sumber: Kominfo.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Di media sosial facebook beredar postingan, foto yang memperlihatkan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang memamerkan sebuah lukisan. Objek lukisan adalah  pesawat berwarna merah putih sedang melintasi gedung mangkrak,  mirip proyek Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Seperti diketahui, pesawat merah putih adalah warna pesawat kepresidenan saat ini sementara proyek Hambalang adalah bangunan untuk sarana olahraga di masa Presiden SBY yang tidak dilanjutkan dan menyebabkan beberapa pejabat masuk bui.   

Baca Juga: SBY Tekuni Hobi Lukis Selama Pandemi, Karya Terbarunya Banjir Pujian

Namun, penelusuran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan fakta, rupanya foto itu hasil editan.  "Faktanya, foto tersebut adalah hasil editan. Lukisan sebenarnya memperlihatkan ombak dan pasir pantai," demikian penjelasan Kominfo seperti dilihat di laman Kominfo, Rabu (11/8/2021).

Penjelasan Kominfo selaras dengan postingan di akun instagram SBY. Dalam akun sby.yudhoyono, tampak ayah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sedang memamerkan sebuah lukisan dengan objek pantai.  Lukisan itu diberi judul "Debur Ombak di Pantai Pacitan". Pacitan, Jawa Timur, adalah tempat lahir dan besar SBY. 

Baca Juga: Cerita SBY yang Banyak Habiskan Waktu untuk Melukis selama PPKM

Dalam foto, SBY tampak bak pelukis profesional. Mengenakan kaos, memakai topi bareta dan beberapa lukisan yang sudah diselesaikannya.


Wasekjen Partai Demokrat (PD) Jaansen Sitindaon mengunggah foto itu di akun Twitternya, Sabtu 7 Agustus 2021. Jansen mengatakan SBY kini mengisi waktunya dengan melukis di rumahnya, di Cikeas, Bogor.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x