Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Sebut Vaksin Gotong Royong Terkendala Suplai, Target 30 Juta Baru Masuk 420 Ribu

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 17:26 WIB
presiden-jokowi-sebut-vaksin-gotong-royong-terkendala-suplai-target-30-juta-baru-masuk-420-ribu
Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 Gotong Royong di PT Unilever, Jababeka, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

KEPULAUAN RIAU, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengungkapkan Vaksin Covid-19 Gotong Royong bagi pekerja industri masih terkendala suplai.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di PT. Bintan Inti Industrial Estate, Kabupaten Bintan, Rabu (19/5/2021).

“Untuk Vaksin Gotong Royong bagi perusahaan, bagi industri, bagi pabrik, ini memang kita masih mempunyai masalah suplainya,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Klaster Bukber di Kampung Jokowi Bertambah Jadi 41 Orang, Gibran Berlakukan Lockdown

“Target kita memang 30 juta dapat vaksin, untuk Vaksin Gotong Royong. Tapi baru masuk ke negara kita, baru 420 ribu, masih kecil sekali, memang ini menjadi rebutan,” tambahnya.

Kendati demikian, Presiden Jokowi mengatakan akan memprioritaskan vaksin Gotong Royong bagi pekerja industri di Batam.

“Tapi saya nanti akan, disamping saya Pak Menteri Kesehatan, akan kita berikan prioritas pada Batam, utamanya untuk industri,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Aktif di Riau Tinggi, Presiden Jokowi Minta Menkes Kirim Vaksin Lebih Banyak

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berharap vaksinasi di Batam diprioritaskan bagi lansia terlebih dahulu.

“Nanti di semua kabupaten/kota saya titip agar lansia didahulukan,” pinta dia.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi berharap persentase yang divaksinasi di Kepulauan Riau semakin banyak. Dengan harapan, herd immunity atau kekebalan komunal bisa segera tercapai.

Baca Juga: Tinjau Tol Trans-Sumatera, Presiden Jokowi Berharap Mobilitas Barang dan Orang Bisa Dipercepat

“Dan kita semuanya bisa kembali ke keadaan normal. Saya mengapresiasi, menghargai, kecepatan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Riau,” katanya.

“Kita harapkan terus ada tambahan vaksin dari Kementerian Kesehatan. Tadi saya juga sudah memerintahkan ke Pak Menteri Kesehatan agar suplai vaksin untuk Kepulauan Riau jangan sampai terlambat,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau vaksinasi di Riau. Dalam pesannya, Presiden Jokowi menginginkan, penyebaran Covid-19 di Riau dapat ditekan serendah-rendahnya.

Baca Juga: Bertolak ke Riau, Presiden Jokowi Tinjau Tol Trans-Sumatera dan Beri Pengarahan Kepala Daerah

“Berkaitan dengan vaksinasi, Saya juga sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk mengirimkan vaksin yang lebih banyak ke provinsi Riau dan utamanya nanti akan dipakai untuk vaksinasi di kota Pekanbaru dan di Kota Dumai,” ujarnya.

“Sehingga kita harapkan kita dapat segera mencapai kekebalan komunal dan kita berharap semua provinsi Riau ini penyebaran Covid-19 bisa ditekan serendah-rendahnya,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x