Kompas TV nasional berita utama

Tinjau Tol Trans-Sumatera, Presiden Jokowi Berharap Mobilitas Barang dan Orang Bisa Dipercepat

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 10:11 WIB
tinjau-tol-trans-sumatera-presiden-jokowi-berharap-mobilitas-barang-dan-orang-bisa-dipercepat
Presiden Jokowi saat melalukan peninjauan pembangunan Tol Trans-Sumatera, Rabu (19/5/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

RIAU, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo berharap mobilitas barang dan orang bisa dipercepat dengan adanya Tol Trans-Sumatera.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat melalukan peninjauan pembangunan Tol Trans-Sumatera, Rabu (19/5/2021).

“Saya mengunjungi dan melihat progres perkembangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru. Ini berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang sudah berjalan kurang lebih 40 km,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Seluruh Kepala Daerah Bertanggung Jawab Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Kita harapkan prosesnya makin hari makin panjang dan sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang, bisa dipercepat,” tambah Presiden Jokowi.

Ke depan, Presiden Jokowi berharap dengan dibangunnya Tol Trans-Sumatera, provinsi-provinsi yang terkoneksi mampu meningkatkan daya saing hingga ke manca negara.

“Dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain, dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang (Sumatera Barat), nantinya akan memiliki daya saing yang baik,” harapnya.

Baca Juga: Bertolak ke Riau, Presiden Jokowi Tinjau Tol Trans-Sumatera dan Beri Pengarahan Kepala Daerah

“Terutama dalam rangka bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” tambahnya.

Sebagai informasi, tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, Riau, dibangun sepanjang 40 kilometer. Tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang menjadi bagian dari Tol Trans-Sumatera akan membentang dari Aceh hingga Lampung 3.049 kilometer.

Proses pembebasan lahan untuk pembangunan Tol seksi Pekanbaru-Bangkinang sudah 60,70 persen. Sementara proses kontruksinya sudah mencapai 65,60 persen. Konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai pada Desember 2021.

Agenda selanjutnya dalam kunjungan kerja di Riau, Presiden Jokowi dijadwalkan memberikan pengarahan kepada Gubernur dan para Bupati dan Wali kota se-Provinsi Riau. Menurut informasi, pengarahanya yang akan diberikan Presiden Jokowi mengenai penanganan pandemi Covid-19.

“Pengarahan berlangsung di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kota Pekanbaru,” Demikian keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Bertolak ke Riau, Presiden Jokowi Tinjau Tol Trans-Sumatera dan Beri Pengarahan Kepala Daerah

Selepas memberi pengarahan kepada gubernur dan para bupati dan wali kota se-Provinsi Riau, Presiden Jokowi akan meninjau vaksinasi massal Covid-19.

“Bersama rombongan terbatas (Presiden Jokowi) akan bergerak menuju Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) yang berlokasi tak begitu jauh dari Gedung Daerah Provinsi Riau untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Soal Mobilitas Masyarakat di Tempat Wisata

“Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, pemerintah setempat menyasar para pelayan publik, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga lansia,” lanjutnya.

Seusai melakukan tiga agenda di Riau, Presiden Jokowi diagendakan untuk bertolak menuju Provinsi Kepulauan Riau untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x