Kompas TV nasional gaya hidup

Produk Minyak Sawit Ekolabel Terus Digaungkan

Kompas.tv - 23 April 2021, 08:29 WIB
produk-minyak-sawit-ekolabel-terus-digaungkan
Talkshow virtual yang dilakukan WWF (Sumber: Dokumentasi WWF)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA. KOMPAS.TV – Produk kelapa sawit berkelanjutan penting digaungkan kepada konsumen sehingga mewujudkan industri sawit yang bekelanjutan.

Untuk itu, konsumen harus memilih secara cerdas bagaimana memilih produk sawit yang ramah lingkungan (ekolabel).

 

Hal tersebut dikemukakan dalam acara bincang virtual “#KONSUMENCERDAS2021 BELI YANG EKOLABEL: Mewujudkan Industri Sawit Berkelanjutan Melalui Gerakan Konsumen dan Pebisnis Lokal”. Diselenggarakan oleh Yayasan WWF Indonesia (WWF-ID) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Ketersediaan ekolabel di produk-produk yang mengandung minyak sawit berkelanjutan dinilai sangat penting untuk mewujudkan industri sawit berkelanjutan di Indonesia.

“Ekolabel sangat penting bagi konsumen sebagai dasar untuk dapat memilih dan membedakan mana produk sawit berkelanjutan yang sudah sesuai dengan standar-standar ramah sosial ramah lingkungan dan yang tidak,” jelas Imam A. El Marzuq, Senior Manager Global Community Outreach & Engagement RSPO pada siaran pers, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga: Jika Tak Ada Perlindungan, Hiu dan Pari akan Punah

Berdasarkan beberapa survei konsumen, Yayasan WWF Indonesia mengungkapkan  kampanye produk sawit berkelanjutan tahun 2015 oleh Daemeter menunjukkan 71 persen konsumen bersedia beralih konsumsi ke produk-produk yang menggunakan minyak sawit berkelanjutan.  Dimana 27 persen di antaranya bersedia membayar lebih mahal.

Survei MarkPlus di tahun 2020 menunjukkan peningkatan signifikan hingga sebanyak 82 persen konsumen bersedia beralih konsumsi ke produk-produk yang menggunakan minyak sawit berkelanjutan dan bersedia membayar kenaikan harga antara Rp1.200 hingga Rp6.700 untuk produk-produk yang menggunakan minyak sawit berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x