Kompas TV nasional peristiwa

BNPB Kerahkan 4 Helikopter Kirim Logistik untuk Korban Gempa yang Terisolir di Sulbar

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 14:30 WIB
bnpb-kerahkan-4-helikopter-kirim-logistik-untuk-korban-gempa-yang-terisolir-di-sulbar
Bada Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakann helikopter dalam pendistribusian bantuan logistik Pascagempa di Mamuju-Majene, Provinsi Sulawesi Barat. (Sumber: Tim D-III Posko Bandara Tampa Padang Mamuju via bnpb.go.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

MAMUJU, KOMPAS.TV- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan empat helikopter ke Mamuju, Sulawesi Barat. Empat helikopter diterjunkan untuk membantu pengiriman logistik ke daerah terisolir.

Demikian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam keterangan yang diterima KOMPAS.TV pada Jumat (29/1/2021). “Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang sudah membantu dengan mengerahkan empat helikopter untuk membantu pengiriman logistik ke daerah terisolir,” katanya.

Baca Juga: Tangis Bahagia di Tengah Pasca Gempa Mamuju: Seorang Ibu Melahirkan Bayi Sehat

Muhadjir juga memberikan apresiasi diinisiasi BNPB dalam mengaktifkan Desk Relawan selama penanganan darurat. Gempa yang terjadi di Mamuju dan Majene terjadi Kamis (14/1/2021) dengan magnitudo 5,9. Keesokannya, Jumat (15/1/2021), gempa bermagnitudo 6,2 kembali mengguncang Mamuju dan Majene. Hingga 27 Januari 2021, tercatat 105 orang meninggal akibat gempa yang juga membuat sejumlah fasilitas rusak.

“Diharapkan dengan sinergi antara kementerian dan lembaga, TNI, Polri, dunia usaha, organisasi kemanusiaan serta masyarakat dapat mempercepat pemulihan pascagempa yang terjadi di Provinsi Sulbar,” ujarnya.

Hingga saat ini 89.524 orang yang terdampak gempa di Mamuju dan Majene masih mengungsi di sejumlah titik pengungsian. Total kerugian akibat gempa di Sulbar diprediksi mencapai Rp 829,1 miliar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x