Kompas TV nasional wawancara

Ada Potensi Gempa Susulan, BMKG: Keluar dari Rumah, Bukan dari Mamuju

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 23:05 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan akan ada kemungkinan gempa susulan yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Dwikorita menyebut kekuatan gempa tersebut bisa saja lebih kecil atau kurang lebih sama dengan yang terjadi sebelumnya yakni 6,2 SR.

“Potensi kejadian gempa susulan masih dapat terjadi dengan kekuatan yang lebih kecil atau kurang lebih sama dengan gempa yang sudah terjadi kemarin,” ujar Dwikorita kepada KompasTV, Minggu (17/1/2021).

Kendati ada potensi gempa susulan, Dwikorita mengatakan masyarakat untuk tak perlu panik. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari dan berada di gedung yang berpotensi roboh dan terus waspada.

“Selama mereka berada di tempat yang tidak mudah roboh, itu aman. Kalau merasa tidak yakin bangunannya, segera keluar dari rumah, bukan keluar dari Mamuju,” jelasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjauhi pantai ketika terasa ada guncangan gempa.

Sebelumnya sempat beredar berita akan ada gempa susulan yang kekuatannya melebihi gempa yang pernah terjadi di Palu, hal tersebut juga dibantah oleh Dwikorita.

“Iya benar hoaks,” pungkasnya.

Lebih lengkap, simak dialog bersama Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x