Kompas TV nasional peristiwa

Dubes Agus Sambut Rizieq Shihab: Selamat Kembali ke Tanah Air untuk Silaturahmi, Bukan Revolusi

Kompas.tv - 8 November 2020, 22:56 WIB
dubes-agus-sambut-rizieq-shihab-selamat-kembali-ke-tanah-air-untuk-silaturahmi-bukan-revolusi
Rizieq Shihab (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAA TV - Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, membantah pemerintah Indonesia sengaja tidak memberikan bantuan kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab selama berada di Arab Saudi.

Seperti diketahui, Rizieq Shihab sempat tak bisa kembali ke Indonesia lantaran mengalami suatu masalah terkait kepulangannya.

Agus memgungkapkan, bahwa kasus yang menimpa Rizieq Shihab tidak masuk dalam prioritas KBRI Riyadh karena dianggap bukan kasus yang masuk dalam kategori High Profile Case.

Baca Juga: Debat Fadli Zon dengan Mahfud MD, Ada Ketidakadilan dan Video Sumpah Habib Rizieq

Selama ini, kasus yang menjadi prioritas di KBRI adalah kasus-kasus yang berkaitan dengan hukuman mati atau nyawa para WNI yang berada di sana.

"Ini yang kami prioritaskan. Beberapa bulan ini KBRI lagi fokus untuk penyelamatan seorang WNI yang terancam hukuman mati," kata Agus dikutip dari Tribunnews.com pada Minggu (8/11/2020).

Agus Maftuh menjelaskan, kasus yang sedang ditangani KBRI Riyadh tersebut merupakan peristiwa yang terjadi sekitar 12 tahun lalu.

Baca Juga: H-4 Kedatangan Spanduk Penyambutan Tersebar di Tebet dan di Lingkungan Rumah Rizieq Shihab

Untuk menangani kasus ini, kata Agus, pihaknya harus masuk ke daerah pedalaman Saudi Arabia. Di pedalaman itu, pihaknya harus melakukan lobi kepada tokoh-tokoh masyarakat dan juga ahli waris korban untuk mencari jalan keluar.

Selain tak masuk prioritas karena fokus mengurusi WNI yang terancam hukuman mati, Agus mengatakan, selama ini Rizieq Shihab juga tidak pernah melaporkan masalahnya ke KBRI Riyadh maupun KJRI Jeddah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x