Kompas TV nasional kesehatan

Inilah 5 Jenis Sayuran yang Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kompas.tv - 28 Agustus 2020, 17:12 WIB
inilah-5-jenis-sayuran-yang-mampu-tingkatkan-imunitas-tubuh
Beberapa sayuran dan buah-buahan sebaiknya disimpan di luar kulkas agar terjaga tekstur dan nutrisinya (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Mutie Aryanti

KOMPAS.TV - Mengonsumsi sayur-mayur secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sayur kaya antioksidan dan vitamin. Warna-warna sayur mewakili beta karoten, polifenol, vitamin C, likopen, dan berbagai jenis vitamin B, yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayur pun juga kaya akan serat sehingga memperlancar sistem pencernaan dan memperbaiki metabolisme tubuh yang pada akhirnya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Memperbanyak konsumsi sayur dalam menu makanan harian diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari beragam penyakit khususnya penyakit Covid -19.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Sering Kesemutan di Kaki, Adakah Kemungkinan Stroke?

Terdapat beberapa jenis sayur yang diyakini dapat memperbesar daya imunitas tubuh, seperti wortel, tomat, brokoli, bayam dan kecambah.

1.Wortel

Wortel mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Wortel mengandung nilai gizi yang tinggi. Wortel dapat meningkatkan kesehatan dan ketahanan terhadap berbagai macam penyakit.

Wortel memiliki umbi yang berwarna kuning kemerah-merahan, karena mengandung beta karoten dan flavonoid. Wortel bersifat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Wortel umumnya berwarna kuning jingga, kaya akan zat gula, vitamin, garam, dan mineral. Wortel merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang dapat digunakan untuk membuat bermacam-macam masakan.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran bunga seperti kembang kol, berwarna hijau tua agak keputih-putihan. Brokoli dikenal sebagai sumber serat.

Brokoli mengandung bermacam-macam zat gizi, seperti karbohidrat, protein dan mineral serta berbagai vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Brokoli mengandung sejumlah vitamin seperti C, K, E, dan A.

Vitamin C adalah antioksidan untuk menambah kekebalan tubuh sehingga membantu melawan virus penyebab flu.

Brokoli juga mengandung fitokimia dan antioksidan yang melawan berbagai penyakit dan infeksi. Brokoli merupakan sumber mineral yang baik, seperti kalsium, mangan, zat besi, magnesium, selenium, zinc dan fosfor.

Mengonsumsi brokoli secara rutin adalah salah satu cara untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh manusia dan mempercepat penyembuhan penyakit.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Posisi Duduk Lama Mengakibatkan Kelainan Tulang Belakang?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x