Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 15:00 WIB
7-manfaat-susu-kurma-dan-cara-membuatnya
Ilustrasi kurma (Sumber: Rauf Alvi on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Susu kurma merupakan munuman kaya nutrisi yang cocok menjadi menu sahur. Perpaduan antara susu dan kurma menghasilkan minuman penuh vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk tubuh.

Kurma merupakan sumber antioksidan dan mengandung zat besi, kalium, selenium, magnesium, tembaga, vitamin B komples, vitamin C, serat, protein, dan gula alami. Sedangkan, susu kaya akan kalsium, riboflavin, zat besi, vitamin B12, seng, fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, dan vitamin D. 

Minuman ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, energi, stamina, tulang, jantung, sistem kekebalan tubuh, otak, kulit, dan kualitas tidur. Dikutip dari laman Good Doctor, berikut ragam manfaat susu kurma.

Baca Juga: Susu Kurma, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa

1. Mengatasi Anemia

Manfaat susu kurma yang pertama adalah mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi pada susu kurma dapat meningkatkan produksi hemoglobin (protein dalam sel darah merah), sehingga bisa mengatasi anemia.

2. Meningkatkan stamina

Susu kurma dapat meningkatkan stamina jika dikonsumsi rutin. Hal ini karena dalam 100 gram kurma terdapat 15 persen dari total energi harian yang direkomendasikan.

Sedangkan susu menyediakan sekitar 9,1 persen. Susu kurma juga sangat ampuh untuk membuang berbagai zat berbahaya yang berasal dari makanan di dalam tubuh Anda.

Manfaat susu kurma ini berkat adanya kandungan zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, vitamin A, vitamin D serta vitamin C di dalamnya. Maka akan sangat sayang jika manfaat tersebut terlewatkan.

3. Mencegah sembelit

Manfaat susu kurma selanjutnya adalah mencegah sembelit. Kurma dikenal kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Ketika sembelit, Anda bisa mencoba minum susu kurma untuk mencegah sembelit.

4. Menjaga kekebalan tubuh

Konsumsi susu kurma secara rutin juga mampu menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyelamatkan organ hati dari racun. Kemudian, adanya kulit kurma juga dapat berfungsi sebagai agen antivirus, antibakteri, serta antijamur. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x