Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak, 6 Cara Efektif Agar Terhindar Dehidrasi saat Berpuasa: Hindari Garam Hingga Kafein

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 01:00 WIB
simak-6-cara-efektif-agar-terhindar-dehidrasi-saat-berpuasa-hindari-garam-hingga-kafein
Ilustrasi. Dehidrasi saat berpuasa (Sumber: katemangostar on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Air membentuk lebih dari dua pertiga tubuh manusia dan memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh. Selain itu, air berperan dalam melumasi sendi dan mata, membantu pencernaan, mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan. Kondisi ini menjadi lebih rentan terjadi saat menjalani ibadah puasa Ramadan, karena selama kurang lebih 13 jam, tidak ada minuman atau makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ditambah lagi, aktivitas sehari-hari juga dapat meningkatkan kehilangan cairan tubuh, terutama jika sering berkeringat. Akibat dehidrasi, seseorang dapat merasakan gejala seperti kelelahan yang berlebihan, mulut kering, dan terkadang pusing.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat menjalani ibadah puasa, seperti yang dilansir dari Health.Grid.Id dan Kompas TV berikut ini.

1. Mencukupi Asupan Air

Minum air sebanyak 8 gelas per hari sangat disarankan untuk menghindari dehidrasi. Pengaturan waktu konsumsi air ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Berikut adalah rekomendasi waktu konsumsi air yang cukup selama menjalani ibadah puasa Ramadan:

  • Dua gelas air putih dapat diminum saat berbuka, untuk menggantikan cairan yang hilang selama aktivitas harian.
  • Empat gelas air putih sebaiknya dikonsumsi saat makan malam hingga menjelang tidur, guna membantu proses pencernaan makanan.
  • Dua gelas air putih sebaiknya diminum saat sahur, agar tubuh memiliki energi yang cukup selama berpuasa.

2. Membatasi Konsumsi Garam

Memperhatikan batasan konsumsi garam harian juga dapat membantu mencegah dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Garam mengandung tinggi natrium, yang mampu menarik dan menahan air dalam tubuh, serta dapat meningkatkan sensasi haus.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan Terasa Tidak Nyaman saat Berpuasa

Dengan mengontrol asupan garam, kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan baik, sehingga tubuh dapat terhindar dari kondisi dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

3. Hindari Konsumsi Kafein

Menghindari konsumsi kafein sangat disarankan terutama saat sahur. Minuman seperti teh, yang mengandung kafein, sebaiknya dihindari.

Hal ini karena kafein memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan melalui urine.



Sumber : Health.Grid.Id, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x